Xi Jinping puji pengelolaan Hong Kong oleh kepala eksekutif SAR

Beijing Polri.co.id – Presiden China Xi Jinping bertemu  kepala eksekutif wilayah administratif khusus (SAR) Hong Kong John Lee yang berkunjung ke Beijing, pada Jumat.

Dalam pertemuan tersebut, Xi mendengarkan laporan dari Lee mengenai situasi di Hong Kong saat ini dan pekerjaan pemerintah SAR Hong Kong.

Seraya memuji pekerjaan Lee sejak menjabat sebagai kepala eksekutif, Xi mengatakan Lee telah memimpin pemerintahan SAR Hong Kong periode baru dalam memikul tanggung jawab mereka dan melakukan pekerjaan yang solid dengan cara yang pragmatis.

Mereka telah menyatukan berbagai sektor sosial, dengan tegas menjaga keamanan nasional, meningkatkan sejumlah upaya untuk merevitalisasi ekonomi, secara aktif merespons kekhawatiran masyarakat, serta dengan sungguh-sungguh mempelajari, mengomunikasikan, dan mengimplementasikan semangat Kongres Nasional Partai Komunis China (Communist Party of China/CPC) ke-20, ungkap Xi.

Hong Kong telah menunjukkan atmosfer baru di bawah prinsip “para patriot yang mengelola Hong Kong,” dan maju dengan langkah yang solid di jalur yang benar dari “Satu Negara, Dua Sistem,” imbuh Xi.

Otoritas pusat sepenuhnya mengakui pekerjaan Kepala Eksekutif John Lee dan pemerintah SAR Hong Kong, ujarnya.

Xi mengatakan kebijakan “Satu Negara, Dua Sistem” merupakan inovasi besar sosialisme dengan karakteristik China, dan telah terbukti menjadi pengaturan institusional terbaik untuk memastikan kemakmuran dan stabilitas yang berkelanjutan di Hong Kong dan Makau setelah mereka kembali ke pangkuan China.

Otoritas pusat akan sepenuhnya, dengan sungguh-sungguh, dan dengan tegas menerapkan kebijakan “Satu Negara, Dua Sistem,” serta mendukung penuh kepala eksekutif dan pemerintah SAR Hong Kong dalam menjalankan pemerintahan yang berlandaskan hukum, tutur Xi.

Otoritas pusat akan sepenuhnya mendukung Hong Kong untuk memanfaatkan penuh berbagai keunggulan uniknya, melakukan kerja sama internasional yang luas, serta mengintegrasikan dirinya dengan lebih baik ke dalam pembangunan keseluruhan China, sehingga memberikan kontribusi baru dan lebih besar bagi peremajaan besar bangsa China, imbuhnya.

Hong Kong akan memiliki masa depan yang menjanjikan dan kemakmuran besar dalam perjalanan baru di era baru, kata Xi.

Han Zheng, Ding Xuexiang, Xia Baolong, dan sejumlah pejabat lainnya turut menghadiri pertemuan tersebut. 

Pewarta: Xinhua
Editor: Mulyo Sunyoto
COPYRIGHT © Polri.co.id 2022

Leave a Comment