Warga Pulau Kelapa diminta rawat jalan lingkar

Jalan Lingkar Pulau Kelapa serasa Jembatan Cinta Pulau Tidung

Jakarta Polri.co.id – Pemerintah Kabupaten Kepulauan Seribu (Pemkab Kepulauan Seribu) meminta warga setempat untuk merawat tanggul pengaman atau Jalan Lingkar Pulau Kelapa di daerah itu agar manfaatnya bisa dirasakan secara berkesinambungan.

“Kebersihan jalan lingkar ini harus dijaga dan dirawat dengan baik oleh petugas kelurahan, baik dari Suku Dinas Lingkungan Hidup, Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis), penanganan prasarana dan sarana umum (PPSU) maupun pengurus RT/RW setempat,” kata Lurah Pulau Kelapa, Kepulauan Seribu, Muslim saat dihubungi di Jakarta, Senin.​​​​​​

Muslim mengatakan pihaknya merasa memiliki Jembatan Cinta yang mirip di Pulau Tidung setelah tanggul pengaman pantai itu rampung dibangun personel Suku Dinas (Sudin) Sumber Daya Air (SDA) Kepulauan Seribu pada Desember 2022.

Tanggul pengaman yang melingkari pantai dari sisi utara RW 01 hingga selatan RW 03 Kelurahan Pulau Kelapa itu kini disebut Jalan Lingkar Pulau Kelapa.

“Jalan Lingkar Pulau Kelapa serasa Jembatan Cinta Pulau Tidung,” kata Muslim.

Baca juga: Petugas gabungan tangani sampah 21 meter kubik di Pulau Kelapa

Menurut Muslim, personel Sudin SDA Kepulauan Seribu awalnya akan membuat tanggul pengaman pantai di Pulau Kelapa.

Namun, lanjutnya, pada bangunan tanggul​​​​​​ yang dibangun sejak Mei 2022 itu juga terdapat jalan akses yang lebarnya antara 2,4 hingga 2,7 meter dengan pengamanan pagar (railing),

Selain itu, terdapat anjungan untuk tempat aktivitas warga, serta lampu penerangan. Jika dilihat dari dekat, beton pada tanggul pun memiliki ukiran natural sebagai hiasan.

Di tempat terpisah, ​Kepala Seksi Pengamanan dan Pengembangan Pesisir Pantai Sudin SDA Kepulauan Seribu Yudo Widiatmoko​​​​​​ mengatakan selain dapat mengamankan pantai dari daya rusak atau gangguan gelombang laut yang tinggi, tanggul pantai itu pun dibuat untuk mendukung pariwisata.

“Agar wisatawan dan warga dapat menikmati pemandangan laut yang indah dari atas tanggul. Ini sebagai bentuk dukungan Sudin SDA Kepulauan Seribu untuk mewujudkan Kepulauan Seribu sebagai Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN),” ujar Yudo.

Baca juga: Puluhan petugas gabungan bersihkan lingkungan di Pulau Kelapa

Yudo berharap tanggul pantai di Pulau Kelapa dapat bermanfaat untuk berbagai aktivitas pariwisata seperti swafoto dan lainnya, seperti halnya Jembatan Cinta di Pulau Tidung.

Total panjang ‘Jembatan Cinta’-nya Pulau Kelapa adalah 560,87 meter, terdiri dari dua segmen yaitu segmen utara sepanjang 313,3 meter dan segmen selatan sepanjang 247,57 meter.

Konstruksi yang digunakan adalah tipe butiran menggunakan buis beton (precast) segi delapan yang disusun dengan konstruksi piramida.

Yudo belum bersedia merinci berapa anggaran untuk membangun jalan lingkar itu. 

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © ANTARA 2023

Leave a Comment