Wamentan: Sorgum bisa menjadi salah satu alternatif pengganti gandum

Sorgum juga banyak memiliki manfaat, bukan hanya untuk pangan, tetapi juga untuk pakan dan energi

Pekanbaru Polri.co.id – Wakil Menteri Pertanian (Wamentan) Harvick Hasnul Qolbi mengatakan komoditas sorgum bisa menjadi salah satu alternatif pengganti gandum yang selama ini masih diimpor.

“Sorgum juga banyak memiliki manfaat, bukan hanya untuk pangan, tetapi juga untuk pakan dan energi,” kata Wamentan Harvick Hasnul Qolbi di Pekanbaru, Riau, Senin.

Ia mengatakan sorgum kini menjadi komoditas strategis nasional yang beberapa tahun terakhir terus dikembangkan secara luas di Tanah Air.

Pemerintah, lanjutnya, terus mendorong seluruh pihak mengembangkan sorgum dari hulu ke hilir agar menjadi sumber pangan alternatif, yang kemudian menjadi industri pangan, pakan ternak, dan energi.

“Riau berpotensi melakukan pengembangan sorgum dari hulu ke hilir,” kata Wamentan.

Baca juga: Mentan ajak akselerasi ketahanan pangan nasional dengan sorgum

Kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Riau Shannora Yuliasari mengatakan pihaknya merupakan perpanjangan tangan dari Badan Litbang Pertanian yang saat ini telah bertransformasi menjadi Badan Standarisasi Instrumen Pertanian (BSIP).

BPTP Riau mendampingi penerapan program-program nasional dan program Kementerian Pertanian (Kementan), salah satunya kegiatan pengembangan sorgum di Riau.

“Beberapa kegiatan yang dilakukan oleh BPTP Riau, antara lain inisiasi perbenihan sorgum, bimbingan teknis budi daya sorgum, serta inisiasi dalam mendampingi budi daya sorgum di Riau,” katanya.

Kepala BPTP Riau berharap swasta bisa mewujudkan wacana membangun pabrik sorgum di Riau dan berperan sebagai pengambil alih sorgum di Riau, sehingga petani tidak ragu-ragu untuk mengembangkan sorgum di provinsi itu.

Baca juga: Kementan gencarkan pengembangan hulu-hilir sorgum

Baca juga: Kemarin, investasi tidak merata sampai percepatan ekosistem sorgum


 

 

Pewarta: Frislidia
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © Polri.co.id 2022

Leave a Comment