Wali Kota: Pramuka sarana membangun karakter cinta Tanah Air

Jakarta Polri.co.id – Wali Kota Jakarta Barat, Yani Wahyu Purwoko mengemukakan, Pramuka merupakan sarana yang tepat untuk membangun rasa kebersamaan, disiplin, kreativitas dan karakter cinta Tanah Air.

“Gerakan Pramuka merupakan kegiatan ekstrakurikuler sekolah tempat menimpa keterampilan dan pengetahuan, memupuk jiwa disiplin dan semangat kekeluargaan,” kata Yani 

saat membuka Jambore Cabang di Villa Bukit Hambalang yang diikuti 1.500 anggota Pramuka Penggalang Kwartir Ranting (Kwaran) se-Jakarta Barat, Kamis.

Selain itu, kata dia, kegiatan Pramuka selalu terkait dengan hal positif sehingga kecil kemungkinan bagi siswa-siswa untuk terlibat dalam aktivitas kriminal.

Karena itu, Yani beserta jajarannya mengajak seluruh siswa untuk aktif dalam kegiatan Pramuka agar waktu luang yang dimiliki bisa diisi dengan hal-hal positif.

“Ajak teman-teman kalian untuk mengisi waktu luang di luar jam sekolah dengan kegiatan yang bermanfaat yang dapat kalian jadikan bekal saat dewasa kelak,” kata Yani.

Baca juga: Saka Bhayangkara bantu penumpang di Terminal Kalideres Jakbar

Baca juga: Siswa SMP DKI berprestasi pimpin upacara HUT RI di Jambore Nasional

Di saat yang sama, Ketua Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Jakarta Barat, Agus Ramdani

menjelaskan beragam kegiatan positif yang diselenggarakan dalam ajang lima tahun sekali ini seperti seminar dan penyuluhan tentang kebangsaan dan kebencanaan.

“Materi tersebut disampaikan langsung oleh Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Palang Merah Indonesia (PMI) dan Pemadam Kebakaran,” kata dia.

Selain itu, dalam kegiatan yang berlangsung selama dua hari ini, peserta juga melakukan beragam kegiatan menarik seperti memanah, ketapel, halang rintang dan beberapa permainan tradisional lainnya.

“Kami berharap adik-adik peserta Jambore tahun ini bisa menikmati semua permainan dengan bergembira dan tentunya bersenang-senang,” kata dia.

 

Pewarta: Walda Marison
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © Polri.co.id 2022

Leave a Comment