Wali Kota Jakpus tindaklanjuti arahan pengembangan stasiun Tanah Abang

Kita sebagai pemerintahan daerah mendukung apa yang menjadi aktivitas program strategis yang ada di pemerintah pusat

Jakarta Polri.co.id – Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma segera menindaklanjuti arahan Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono untuk mengembangkan Stasiun Kereta api Tanah Abang yang berada di wilayahnya.

“Kita sebagai pemerintahan daerah mendukung apa yang menjadi aktivitas program strategis yang ada di pemerintah pusat,” kata Dhany Sukma di Jakarta, Senin.

Dhany menjelaskan pengembangan Stasiun Tanah Abang akan dilakukan setelah pengembangan Stasiun Manggarai.

“Setelah Stasiun Manggarai, selanjutnya Stasiun Tanah Abang akan dilakukan pengembangan. Kita lihat nanti ke depannya konsep dari Kementerian Perhubungan, apakah ada pengembangan stasiun lainnya,” ucapnya.

Ia melanjutkan, akan ada pengembangan-pengembangan di Stasiun Kereta Api Tanah Abang untuk penambahan kapasitas.

“Penambahan ini terjadi karena efek dari kapasitas penumpang pengguna kereta api, ketika jumlahnya besar maka daya tampung nya harus diperluas,” ungkapnya.

Dhany menuturkan stasiun Tanah Abang merupakan titik temu kereta-kereta yang berasal dari wilayah penyanggah ibukota sehingga kapasitasnya perlu dikembangkan dan ditata menjadi lebih indah.

Dhany menerangkan kunjungan tersebut dilakukan dalam rangka meninjau kesiapan pengembangan Stasiun Kereta Api Tanah Abang bersama Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo bersama para menteri Indonesia Maju serta Penjabat (PJ) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono.

Sebelumnya, Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menargetkan penambahan jalur kereta dari empat menjadi enam di Stasiun Tanah Abang rampung pada akhir 2023 untuk mengantisipasi penambahan penumpang.

“Dengan adanya enam jalur itu bisa mengantisipasi penambahan penumpang tahun-tahun berikutnya sebanyak 300 ribu per hari,” kata Heru di Stasiun Tanah Abang, Jakarta, Senin.

Menurut dia, jumlah penumpang yang dilayani Stasiun Tanah Abang diperkirakan akan meningkat seiring mobilitas masyarakat Jakarta dan daerah sekitarnya serta kian bertambahnya kegiatan bisnis di Jakarta.

Untuk itu, Kementerian Perhubungan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), bersama Pemprov DKI akan membangun fasilitas untuk mengakomodasi lonjakan penumpang itu.

Baca juga: Pemerintah targetkan penambahan jalur Stasiun Tanah Abang akhir 2023

Baca juga: Presiden Jokowi naik KRL dan tinjau infrastruktur Stasiun Tanah Abang

Baca juga: Pengelola Stasiun Tanah Abang imbau penumpang KRL sikap sempurna


Pewarta: Ulfa Jainita
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © Polri.co.id 2022

Leave a Comment