TMII jadi altenatif wisata dengan budget terjangkau warga Jakarta

“Walau status PPKM Level 1, tetap prokes selama masa libur ini kami imbau untuk dijalankan, seperti penggunaan masker, dan tempat pencucian tangan juga masih tersedia di setiap wahana,” kata dia.

Jakarta Polri.co.id –

Taman Mini Indonesia Indah (TMII) yang terletak di Jakarta Timur menjadi destinasi wisata dengan “budget” terjangkau untuk warga DKI Jakarta yang datang dari wilayah pinggiran ibu kota.

 
 

Fatimah (40), warga Cawang UKI yang ditemui di TMII, Sabtu, datang berlibur bersama suami dan dua orang anaknya menggunakan sepeda motor, sedangkan satu kerabatnya datang menggunakan Transjakarta.

 
 

Menurut Fatimah, ini kali pertama ia dan anak-anaknya berlibur ke TMII setelah dua tahun dilanda COVID-19. Kedatangannya untuk mengisi liburan anaknya yang sedang libur sekolah.

 
 

Ibu dua anak itu mengatakan alasannya mendatangi TMII karena alternatif tempat wisata yang sesuai dengan anggaran keuangan keluarganya.

 
 

“Kenapa ke TMII ya kami liburan sesuai budget ya, di TMII terjangkaulah buat anak-anak merasakan liburan juga,” katanya.

 
 

Saat di TMII, Fatimah hanya mengeluarkan biaya Rp25 ribu per orang untuk tiket masuk, lalu Rp 50 ribu per orang untuk naik kereta gantung.

 
 

Selama di TMII, Fatimah hanya mencoba dua wahana karena tiba di lokasi siang hari ditambah hujan deras yang mengguyur. Dua lokasi yang didatanginya adalah kereta gantung dan taman burung.

 
 

 

Pengunjung menjelah anjungan daerah di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur, Sabtu (24/12/2022). (ANTARA/Laily Rahmawaty)

 
 

TMII kembali dibuka secara penuh untuk pengunjung setelah dilakukan revitalisasi, beberapa pengunjung penasaran untuk melihat hasil revitalisasi.

 
 

“Kan baru ini dibuka lagi setelah revitalisasi, kalau dulu dibuka cuma terbatas di wahana-wahana tertentu,” ujar Aziz dari daerah Cipayung.

 
 

Berdasarkan data yang diperoleh dari Pos Pelayanan (Posyan) Operasi Lilin 2022 Polsek Cipayung di TMII, akses masuk pengunjung TMII dari Pintu 3.

 
 

Total ada 10 wahana baru TMII yang dapat didatangi pengunjung, yakni Sky word, taman burung, IPTEK, kolam Sendang Sejodo IAAI, museum transportasi, museum komodo, dunia air tawar, legenda keongmas, kereta gantung dan anjungan daerah.

 
 

Kapospam TMII Iptu Sudirman menyebutkan belum ada peningkatan pengunjung di TMII, tingkat kunjungan masih normal.

 
 

Meski demikian, dia melihat antusiasme masyarakat untuk berlibur di TMII terlebih saat ini memasuki masa adaptasi dengan COVID-19.

 
 

“Walau status PPKM Level 1, tetap prokes selama masa libur ini kami imbau untuk dijalankan, seperti penggunaan masker, dan tempat pencucian tangan juga masih tersedia di setiap wahana,” kata dia.

 
 

Data yang dihimpun dari Posyan TMII jumlah pengunjung yang datang pada hari Jumat (23/12) sebanyak 7.071 orang. Sedangkan H-1 Natal, Sabtu (24/12) dari pagi hingga pukul 16.00 WIB sebanyak 10.181 pengunjung.

 
 

 

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Agus Setiawan
COPYRIGHT © Polri.co.id 2022

Leave a Comment