Terminal Lebak Bulus catat penumpang naik dua kali lipat saat liburan

angka pada Senin tersebut merupakan tertinggi dalam seminggu terakhir

Jakarta Polri.co.id – Pengelola Terminal Lebak Bulus mencatat jumlah penumpang mengalami kenaikan  hingga dua kali lipat pada libur Natal dan tahun baru 2023 dibandingkan kondisi normal rata-rata 250 penumpang per hari.

“Bahkan keberangkatan Senin (26/12) kemarin mencapai 570 penumpang atau naik dua kali lipat lebih,” ungkap Kepala Terminal Lebak Bulus Hernanto Setiawan saat dihubungi, Selasa.

Menurut Hernanto, angka pada Senin tersebut merupakan tertinggi dalam seminggu terakhir, sementara untuk Selasa ini  belum melakukan rekapitulasi jumlah penumpang.

Hernanto juga menyebutkan penumpang untuk wilayah Jawa Tengah didominasi tujuan Jepara dan Semarang kemudian untuk Jawa Barat terbanyak tujuan Cirebon dan Kuningan.

Namun menurut Hernanto belum ada rencana untuk menambah armada bus karena sejauh ini masih mencukupi untuk melayani penumpang yang akan berpergian ke sejumlah daerah, yang digunakan sampai saat ini masih berkisar 50 sampai 60 bus.

Untuk keamanan, kata Hernanto, Terminal Lebak Bulus akan terus melakukan pemeriksaan kelaikan kendaraan (check ramp) dan juga pemeriksaan kesehatan  penumpang.

Para penumpang mendapat pengecekan kesehatan seperti tekanan darah, apabila tekanan darahnya tinggi yang bersangkutan disarankan beristirahat sebelum melakukan perjalanan.

Selain itu, Badan Narkotika Nasional juga  melakukan pemeriksaan terhadap sopir bus untuk mengantisipasi penyalahgunaan narkoba.

“Kemarin sempat juga ada pengecekan dari BNN, soal narkoba, alhamdulillah enggak ada yang positif,” ucap Hernanto.

Mengenai puncak arus mudik, Hernanto memperkirakan akan terjadi pada Jumat-Sabtu ini.

“Paling sepertinya Jumat-Sabtu  ya, karena kan anak sekolah libur, sebagian cuti, terus kan tanggal 2 Januari itu kan kalau enggak salah anak sekolah sudah pada masuk, jadi mungkin di Jumat-Sabtu itu puncaknya,” tutup Hermanto.

Baca juga: Pemkot Jaktim siagakan posko kesehatan di dua terminal bus AKAP

Baca juga: Dinkes DKI buka layanan kesehatan gratis jelang Natal dan tahun baru

Baca juga: Terminal Kalideres buka gerai vaksin selama libur Natal dan tahun baru

Pewarta: Yoanita Hastryka Djohan
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © Polri.co.id 2022

Leave a Comment