Terminal Kalideres perpanjang Posko Natal 2022 dan Tahun Baru 2023

Jakarta Polri.co.id – Pengelola Terminal Kalideres di Jakarta Barat memperpanjang Posko Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 untuk mengantisipasi lonjakan jumlah penumpang arus balik liburan.

“Kita perpanjang, yang tadinya hanya sampai tanggal dua kini sampai tanggal empat. Namun jika masih ramai kita lihat situasi,” kata Kepala Terminal Kalideres, Revi Zulkarnaen saat dihubungi di Jakarta, Selasa.

Perpanjangan Posko Natal dan tahun baru itu dilakukan lantaran hingga hari ini arus balik di Terminal Kalideres masih mencapai rata-rata 800 penumpang per hari.

Bahkan, dia memperkirakan arus balik di Terminal Kalideres akan terus terjadi hingga Senin (9/1) pekan depan. “Karena masih ada pegawai swasta yang baru masuk tanggal 4 ini, ada juga sekolah yang masih libur dan masuk tanggal 9 nanti,” kata Revi.

Terkait posko Natal dan tahun baru, pihaknya telah bekerjasama dengan Suku Dinas Kesehatan, Polsek dan Koramil setempat dalam membangun posko tersebut.

Baca juga: Arus balik di Terminal Kalideres diperkirakan berakhir pekan depan

Baca juga: Puncak arus balik di Terminal Kalideres diperkirakan pada Senin

Posko Natal dan tahun baru tersebut terdiri dari tiga jenis, yakni pengamanan, kesehatan dan pemeriksaan mesin bus. Untuk pos pengamanan diisi oleh petugas polisi dari Polsek Kalideres, personel TNI hingga Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP).

Untuk pos kesehatan terdiri dari gerai pemeriksaan kesehatan penumpang dan sopir hingga tempat vaksinasi gratis. Sedangkan untuk posko pemeriksaan bus dipergunakan untuk memeriksa kondisi mesin bus sebelum dan setelah dari luar kota.

Dengan adanya posko tersebut, Revi berharap aktivitas di Terminal Kalideres berjalan dengan lancar dan aman.

Puncak arus balik di terminal ini terjadi pada Senin (2/1) lalu dengan jumlah penumpang 1.028. Mayoritas bus yang datang ke Terminal Kalideres berasal dari Jawa Tengah, Palembang, Lampung, Banten dan Jawa Barat.

 

Pewarta: Walda Marison
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2023

Leave a Comment