Sudinsos Jaksel amankan ODGJ yang resahkan warga

keluarga sudah menyerahkan kepada yang berwenang

Jakarta Polri.co.id – Suku Dinas Sosial Jakarta Selatan mengamankan seorang pria diduga orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) yang meresahkan warga.

“Jadi sebenarnya ada laporan dari masyarakat ke kita. Ternyata itu ODGJ yang dulu sudah pernah berobat, terus keluar lagi, ujar Kepala Suku Dinas Sosial Jakarta Selatan Bernard Tambunan saat dihubungi di Jakarta, Kamis.

Menurut Bernard, pelaku ODGJ itu kini sudah dibawa ke Rumah Sakit Duren Sawit untuk menjalani pemeriksaan usai diamankan pada Rabu kemarin.

“Nah jadi mungkin dia kalau diganggu dia diem tapi inget terus nanti dia bisa balas gitu,” ungkap Bernard.

Lebih lanjut Bernard menyampaikan keluarga sudah menyerahkan kepada yang berwenang.

“Nanti kalau dari Duren Sawit sudah diobatin dan diperiksa nanti hubungin kita lagi, kita akan bawa ke panti begitu, “ucapnya.

Bernard mengatakan pihaknya mendapat laporan dari masyarakat melalui Kepala Satuan Pusat Sosial  bahwa ada ODGJ yang dikhawatirkan bisa mengamuk.

“Jadi masyarakat menyampaikan kepada kami bahwa ada ODGJ takut mengamuk,  akhirnya kita langsung bawa gitu,” katanya.

Sebelumnya petugas dari Suku Dinas Sosial Kota Administrasi Jakarta Selatan pernah mengamankan pelaku Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) yang sama saat berulah di Cipete Selatan ke Rumah Sakit Khusus Daerah (RSKD) Duren Sawit di Jakarta Timur.

“Sudah dibawa ke RSKD Duren Sawit,” kata Kasudin Sosial Jakarta Selatan, Bernard Tambunan saat dihubungi, Jumat (19/8/2022)

Bernard mengatakan, pihaknya langsung menindaklanjuti ke lokasi tempat ODGJ saat meresahkan warga di Jalan Puri Mutiara Raya, Cipete Selatan pada Kamis (18/8/2022)

Pada saat itu, petugas Suku Dinas Sosial Jakarta Selatan berkoordinasi dengan kakak kandung pelaku, Romlah serta didampingi pihak RT setempat dan Lembaga Musyawarah Kelurahan (LMK).

Akhirnya pihak keluarga menyerahkan ODGJ tersebut ke Suku Dinas Sosial Jakarta Selatan.

Baca juga: Sudin Sosial Jaksel amankan ODGJ yang berulah ke RSKD Duren Sawit

Baca juga: Sudin Sosial Jaksel cari orang diduga sakit jiwa yang resahkan warga

Baca juga: Pria diduga ODGJ todongkan pisau ke warga di Condet

Pewarta: Yoanita Hastryka Djohan
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2023

Leave a Comment