Sekolah bersertifikat bangunan sehat di DKI perlu diperbanyak

Jakarta Polri.co.id – Istri Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Fery Farhati menyebutkan, sekolah bersertifikat bangunan sehat (Net Zero Healthy Greenship) di Ibu Kota perlu diperbanyak guna mengurangi emisi karbon.

“Bangganya kita menjadi warga Jakarta karena sekarang punya sekolah ramah lingkungan bersertifikasi ‘green building‘ yang salah satunya di Ragunan,” kata Farhati saat ditemui di RPTRA Abdi Praja, Jakarta, Rabu.

Farhati meresmikan sekolah tersebut dan  menyampaikan bahwa sekolah yang memiliki sertifikasi bangunan sehat merupakan sekolah masa depan yang ramah lingkungan.

Sekolah ini terbilang hemat energi, yakni dengan penggunaan lampu hemat energi, sebisa mungkin tidak menggunakan pendingin udara (AC). Jika harus menggunakan AC diusahakan yang hemat energi atau menggunakan kipas angin dengan tingkat pemakaian rendah selama ruangan tetap nyaman.

Baca juga: Anies: DKI berperan aktif kurangi emisi karbon 30 persen pada 2022

Selain itu, Farhati menambahkan, setengah dari jumlah siswa sekolah tersebut merupakan pemilik Kartu Jakarta Pintar (KJP) Plus.

KJP Plus merupakan akses bagi warga DKI Jakarta dari kalangan masyarakat kurang mampu untuk mengenyam pendidikan minimal sampai dengan tamat SMA/SMK dengan dibiayai penuh dari dana APBD Provinsi DKI Jakarta.

“Jadi InsyaAllah di Jakarta keadilan itu ada. Sekolah bukan cuma buat orang kaya tapi untuk siapa saja bisa,” tuturnya.

Farhati merasa senang melihat antusiasme para siswa yang terlihat ceria menikmati fasilitas yang ada di sekolah mereka.

Baca juga: Pemprov DKI Jakarta targetkan bebas emisi karbon pada 2050

Ke depannya, Ketua TP PKK Provinsi DKI Jakarta itu berharap semua sekolah yang ada di Indonesia bisa memiliki sertifikasi bangunan sehat.

“Mudah-mudahan program ini terus berjalan dan mereka terus punya target seluruh sekolah negeri akan seperti itu pada waktunya nanti,” harapnya.

Adapun sekolah yang menerima sertifikasi “Net Zero Healthy Greenship“, yaitu SD Negeri Ragunan 08, SD Negeri Duren Sawit 14, SD Negeri Grogol Selatan 09 dan SMA 96 Jakarta.

Keempat sekolah ini juga menerima “Sertifikat Greenship Net Zero” dari “Green Building Council Indonesia” dan menjadi sekolah negeri pertama yang mendapatkan sertifikat tersebut.

 

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © Polri.co.id 2022

Leave a Comment