Sejumlah kedubes Jerman kebanjiran permintaan visa dari warga Rusia

Kami mengonfirmasi lonjakan tajam permintaan yang dikirim ke misi luar negeri kami di kawasan tersebut, terutama melalui email dan telepon,

Berlin Polri.co.id – Sejumlah Kedutaan Besar Jerman di negara tetangga Rusia kebanjiran permintaan visa dari warga negara Rusia sejak mobilisasi parsial untuk perang di Ukraina dimulai di negara asal mereka, kata seorang sumber dari Kementerian Luar Negeri Jerman, Jumat (30/9).

“Kami mengonfirmasi lonjakan tajam permintaan yang dikirim ke misi luar negeri kami di kawasan tersebut, terutama melalui email dan telepon,” kata sumber kepada Reuters.

Di sejumlah kasus, orang-orang langsung mendatangi kedubes.

Majalah berita Der Spigel sebelumnya melaporkan bahwa misi Jerman di Yerevan, Astana, Tbilisi, Baku dan Minsk mendaftarkan ribuan permintaan izin masuk ke Jerman semenjak Presiden Vladimir Putin menginstruksikan mobilisasi parsial pada 21 September.

Baca juga: Albania tangkap warga Rusia, Ukraina yang coba masuki pabrik militer

Angka pastinya tak disebutkan karena mustahil untuk memproses permintaan dengan batas waktu tertentu, menurut laporan, menambahkan bahwa janji untuk wawancara tak lagi diberikan.

Kemenlu mengaku sedang mempertimbangkan penambahan staf di lima kota tersebut.

Menurut sumber, ini adalah protokol standar dalam menanggapi penambahan beban kerja.

Kedubes Jerman di ibu kota Georgia, Tbilisi, telah mendaftarkan lebih dari 300 permintaan visa dari warga Rusia semenjak mobilisasi parsial dimulai pertengahan pekan ini.

Jumlah itu naik 10-20 dari jumlah normal setiap bulannya selama beberapa bulan terakhir, menurut Spiegel.

Sumber: Reuters

Baca juga: Kedubes Finlandia bantah laporan warga Rusia dilarang masuk Uni Eropa

Baca juga: Kedubes AS desak warga AS tinggalkan Rusia hindari wajib militer

Penerjemah: Asri Mayang Sari
Editor: Mulyo Sunyoto
COPYRIGHT © Polri.co.id 2022

Leave a Comment