Sebanyak 4.400 personel gabungan TNI-Polri menjaga unjuk rasa

Jakarta Polri.co.id – Kepolisian bersama TNI dan pemerintah daerah menyiagakan 4.400 personel gabungan dalam rangka menjaga unjuk rasa di Jakarta, Selasa.

“Untuk wilayah Jakarta Pusat 4.400 personel kita siapkan gabungan TNI-Polri,” kata Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Komarudin saat dikonfirmasi, Selasa.

Komarudin mengatakan, personel gabungan tersebut disebar di titik yang menjadi lokasi unjuk rasa hari ini antara lain di Balai Kota DKI Jakarta, Bundaran Patung Kuda dan Gedung DPR/MPR RI.

Sedangkan jumlah massa yang menggelar aksi hari ini diperkirakan berjumlah sekitar 2.000 orang. “Kalau dalam pemberitahuan sekitar 1.000-2.000 orang,” ujar Komarudin.

Komarudin juga mengimbau kepada peserta aksi untuk selalu mematuhi peraturan agar aksi penyampaian pendapat berlangsung aman dan kondusif.

“Imbauan kami tentunya dipersilakan menyampaikan aspirasi, tentunya dengan tetap memperhatikan aturan perundang-undangan yang berlaku, saling menghormati,” tuturnya.

Baca juga: Polda Metro alihkan arus lalu lintas sekitar Monas

Baca juga: Mahasiswa hingga emak-emak padati Patung Kuda suarakan soal BBM

Terkait unjuk rasa tersebut, Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya telah menyiapkan pengalihan arus lalu lintas dalam rangka pengamanan aksi unjuk rasa.

“Diimbau kepada masyarakat pengguna jalan untuk menghindari kawasan sekitaran Istana Negara dan Monas dikarenakan adanya aksi penyampaian pendapat oleh elemen masyarakat,” demikian dilansir dari akun Instagram Ditlantas Polda Metro Jaya @TMCPoldaMetro di Jakarta, Selasa.

Alih arus dilaksanakan Selasa, 27 September 2022 pukul 08.30 WIB-selesai. Masyarakat menuju Istana agar mencari jalan alternatif lain.

Skema pengalihan arus lalin itu sebagai berikut:

1. Arus lalu lintas dari arah Bundaran HI menuju Jalan Merdeka Barat dialihkan ke Jalan Budi Kemuliaan atau Jalan Merdeka Selatan.

2. Arus lalu lintas dari arah Tugu Tani menuju Jalan Merdeka Utara dialihkan ke Jalan Perwira (situasional).

3. Arus lalu lintas dari arah Jalan Hayam Wuruk menuju Jalan Majapahit/Jalan Merdeka Utara dialihkan ke Jalan Juanda atau ke Jalan Suryopranoto.

4. Arus lalu lintas dari Jalan Abdul Muis menuju Jalan Gajah Mada dialihkan ke Jalan Tanah Abang Satu.

 

Pewarta: Fianda Sjofjan Rassat
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © Polri.co.id 2022

Leave a Comment