Rusia belum dapat pastikan kehadiran Putin di KTT G20

Namun ini bukan berarti ada keputusan yang telah diambil. Kami telah mengetahui hotel apa yang dipersiapkan karena jika presiden tidak datang, dia akan tetap mengirimkan perwakilan. Jadi kami masih akan membutuhkan hotel,

Jakarta Polri.co.id – Duta Besar Federasi Rusia untuk Indonesia Lyudmila Vorobieva mengatakan bahwa pihaknya belum dapat memastikan apakah Presiden Vladimir Putin akan menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 yang akan digelar di Pulau Bali pada November mendatang.

Hal itu dikatakan Dubes Vorobieva dalam konferensi pers yang digelar di Jakarta, Rabu.

“Jika ditanya terkait kedatangan presiden (dalam KTT G20), sayangnya saya belum memiliki kabar terbaru. Keputusan akan diambil mendekati acara tersebut, jadi saya belum dapat mengkonfirmasi untuk sekarang,” ujarnya.

Dia menjelaskan bahwa keputusan terkait apakah Presiden Putin akan menghadiri KTT G20 bergantung ada situasi dan keamanan geopolitik yang terus berkembang.

Baca juga: Kedubes Rusia bersiap untuk kedatangan Putin pada KTT G20 di Bali

Meski demikian, ada langkah-langkah persiapan yang dilakukan, termasuk memastikan hotel yang disiapkan untuk pemimpin Rusia itu.

“Namun ini bukan berarti ada keputusan yang telah diambil. Kami telah mengetahui hotel apa yang dipersiapkan karena jika presiden tidak datang, dia akan tetap mengirimkan perwakilan. Jadi kami masih akan membutuhkan hotel,” ujarnya.

Dubes Vorobieva pun kembali menegaskan dukungan Rusia bagi presidensi G20 dan mengatakan bahwa delegasi Rusia telah mengikuti berbagai pertemuan dalam rangkaian kegiatan G20 di bawah presidensi Indonesia.

Pemerintah Indonesia sendiri telah mengirimkan undangan resmi kepada Presiden Putin dan pemimpin anggota G20 lainnya untuk menghadiri KTT G20.

Baca juga: DPD-delegasi Rusia bahas soal pangan hingga rencana Putin hadiri G20

Baca juga: Pemerintah siapkan skenario seluruh kepala negara hadiri G20 di Bali

Pewarta: Aria Cindyara
Editor: Mulyo Sunyoto
COPYRIGHT © Polri.co.id 2022

Leave a Comment