RPTRA Rasela edukasi tata krama dan lingkungan kepada pengunjung

Kami juga memantau aktivitas anak-anak selama berada di lingkungan RPTRA

Jakarta Polri.co.id – Pengelola Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Rasela, Rawa Badak Selatan, Koja, Jakarta Utara menggelar edukasi mengenai tata krama dan tata lingkungan kepada pengunjung selama libur akhir tahun.

“Kami memantau aktivitas anak-anak selama berada di lingkungan RPTRA. Kami juga memberikan pemahaman kepada mereka untuk tidak membuang sampah sembarangan, tidak boleh berkata kasar ataupun mengejek orang lain, dan sebagainya,” kata pengelola RPTRA Rasela Andi Tenri di Jakarta Utara, Senin.

Sementara itu, untuk menambah keindahan lingkungan,  pengelola juga mengajak pengunjung untuk bersama-sama ikut membudidayakan tanaman markisa.

“Kami sedang membuat rambatan tanaman markisa dan sekarang sedang berbunga. Buah markisa ini juga merupakan ciri khas di wilayah Kelurahan Rawa Badak Selatan,” kata Andi.

Selama liburan sekolah tahun ini, anak-anak malah semakin banyak yang berkunjung ke RPTRA Rasela.

Apalagi di sana terdapat fasilitas baru yakni permainan alam terbuka (outbound). Biasanya, anak-anak datang untuk bermain di sana atau bermain permainan tradisional lainnya, membaca buku di perpustakaan, dan sebagainya.

Menurut Andi, jumlah pengunjung RPTRA Rasela pada masa liburan sekolah cenderung meningkat, terutama saat natal 24-25 Desember kemarin, meningkat hingga dua kali lipat mencapai 250 orang.

“Tidak kenal panas dan hujan, mereka tetap datang ke RPTRA Rasela,” kata Andi.

Sedangkan jam operasional RPTRA selama liburan sekolah dibuka mulai pukul 07.00 – 18.00 WIB untuk hari Minggu-Kamis kemudian di hari Jumat-Sabtu dibuka mulai pukul 07.00 – 20.30 WIB.

Pemberlakuan jam operasional tersebut mengacu pada instruksi Dinas Pemberdayaan, Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk (PPAPP) Provinsi DKI Jakarta dan sudah berlaku sejak 6 Desember 2022 hingga 9 Januari 2023 mendatang.

Baca juga: Pemprov DKI didesak benahi fasilitas RPTRA rusak

Baca juga: Bunda PAUD DKI dorong kegiatan dongeng rutin dilakukan di RPTRA

Baca juga: Prudential buka sentra vaksinasi booster RPTRA Taman Mandala

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © Polri.co.id 2022

Leave a Comment