Relawan Ganjar gelar pelatihan untuk nelayan

Pelatihan ini sebagai upaya meningkatkan kualitas produksi ikan….

Jakarta Polri.co.id – Relawan Ganjar Pranowo yang tergabung dalam Komunitas Nelayan Sulawesi Selatan (Sulsel) mengelar pelatihan untuk nelayan di Kelurahan Jalanjang, Gantarang, Kabupaten Bulukumba.

“Pelatihan ini sebagai upaya meningkatkan kualitas produksi ikan, sehingga nilai jual lebih tinggi dan kesejahteraan nelayan dapat tercapai dengan cepat,” kata Koordinator Komunitas Nelayan Sulsel Zulfikar Amri dalam keterangan tertulis, di Jakarta, Senin.

Dia menjelaskan relawan menyampaikan teori sekaligus praktik untuk para nelayan. Sejumlah materi yang disampaikan di antaranya cara mengemas hasil ikan, agar dapat bertahan lama dan layak dikonsumsi, serta metode pemasaran agar produk ikan dapat dikonsumsi secara luas.

Menurut dia, Kabupaten Bulukumba memiliki sekitar tujuh ribu nelayan yang tersebar di tujuh pesisir dengan sekitar 2.205 kapal nelayan. Produksi ikan di Bulukumba pada 2021 sebesar 53.860,1 ton dalam setahun.

Selain itu, para relawan juga menyerap aspirasi terkait kebutuhan nelayan, di antaranya kebutuhan alat tangkap modern, bantuan pemasaran dan bibit rumput laut.

Pelatihan nelayan itu dilaksanakan usai mendeklarasikan dukungan kepada Ganjar Pranowo sebagai calon presiden untuk Pemilu 2024.

Zulfikar menyatakan dukungan kepada Ganjar karena kebijakannya sebagai Gubernur Jawa Tengah telah terbukti membawa kesejahteraan dan kemajuan bagi nelayan.

“Hal itu perlu dirasakan juga oleh nelayan di Sulsel, khususnya di Bulukumba,” ujarnya.

Dia menjelaskan ada dua program unggulan Ganjar untuk nelayan yang diapresiasi, yaitu asuransi nelayan (Asnel) dan subsidi BBM bagi nelayan. Program Asnel yang digencarkan Ganjar di Jateng mampu memberikan rasa aman bagi nelayan melalui perlindungan asuransi.

Selain itu, kata Zulfikar, Ganjar merupakan pemimpin yang berpengalaman di pemerintahan, baik sebagai anggota DPR maupun sebagai gubernur. Kepribadian Ganjar pun disebut lemah lembut, murah senyum, merakyat, cerdas dan mempunyai kapasitas untuk menjadi Presiden 2024.

Baca juga: TNI AL-Basarnas selamatkan nelayan yang terombang-ambing di Bulukumba

Baca juga: Dua ahli waris nelayan Bulukumba terima santunan kematian BPJAMSOSTEK

Pewarta: Fauzi
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © Polri.co.id 2022

Leave a Comment