Ratusan personel siaga di Gereja Immanuel pada misa Tahun Baru 2023

Jakarta Polri.co.id – Ratusan personel gabungan bersiaga di Gereja Protestan di Indonesia Bagian Barat (GPIB) Immanuel di Jalan Medan Merdeka Timur, Gambir, Jakarta Pusat, pada ibadah misa Tahun Baru 2023 pada pukul 18.00 WIB.

“Kami menyiagakan 114 personel gabungan yang terdiri dari Polres Metro Jakarta Pusat, Polsek Metro Gambir, TNI dan Satpol PP,” kata Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Komarudin saat dihubungi di Jakarta, Sabtu.

Komarudin mengatakan, sebelum pukul 18.00 WIB personelnya sudah mengitari lokasi kegiatan untuk mengecek keamanan dan memastikan aman digunakan untuk beribadah.

Untuk sementara tidak ada rekayasa lalu lintas lantaran dipastikan tidak ada kemacetan serta hambatan lainnya di sekitar lokasi.

Namun, ia mengungkapkan, Halte Bundaran HI dan Tosari yang berada di dalam Jalan Thamrin-Sudirman ditutup sementara dari akses kendaraan bermotor (car free night/CFN) mulai pukul 20.00 WIB pada Sabtu (31/12) hingga Minggu (1/1/2023) pukul 02.00 WIB.

“Kami memastikan misa tahun baru berjalan lancar dan arus lalu lintas tidak ada hambatan pada malam nanti,” katanya.

Baca juga: Polda Metro Jaya siapkan personel pengamanan untuk 1.385 gereja

Baca juga: Polda Metro gelar Operasi Lilin Jaya 2022 amankan Natal dan Tahun Baru

Menurut pantauan di lokasi, pos keamanan juga sudah terpasang sekitar pukul 15.00 WIB dengan empat personel dan sejumlah personel berada di sekeliling lokasi saat hujan.

GPIB Immanuel memiliki kapasitas jemaat bagian dalam sejumlah 500 orang. Kendati demikian, panitia sudah menyiapkan kapasitas tambahan di sisi gereja bagian utara, selatan dan barat sehingga daya tampung diperkirakan mencapai 1.600 orang.

Panitia acara yang ditugaskan untuk ibadah misa tahun baru ini mencapai sekitar 30 orang. Misa di GPIB Immanuel berlangsung secara hibrid (luring dan daring) dan jemaat dapat hadir tanpa perlu mendaftar.

Ibadah pada pukul 18.00 WIB ditayangkan secara resmi melalui akun resmi GPIB Immanuel melalui kanal YouTube agar jemaat yang tidak dapat hadir dapat mengikuti dan merasakan secara langsung kekhidmatan doa bersama, meski dalam jarak yang jauh.

Kemudian misa dilanjutkan pada pukul 21.00 WIB yang digelar secara langsung (luring) yang dipimpin oleh Pendeta Non-Organik GPIB Artomilka Lia Persang.

 

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © Polri.co.id 2022

Leave a Comment