Puluhan ribu wisatawan kunjungi Taman Arkeologi Onrust sepanjang 2022

wisatawan berkunjung untuk melihat secara langsung peninggalan sejarah zaman kolonial Belanda

Jakarta Polri.co.id – Puluhan ribu wisatawan lokal dan mancanegara mengunjungi Taman Arkeologi Onrust di Kelurahan Pulau Untung Jawa, Kepulauan Seribu Selatan sepanjang tahun 2022.

Menurut Kepala Unit Pengelola (UP) Museum Kebaharian Jakarta Mis’ Ari, Kamis, Taman Arkeologi Onrust masih menjadi perhatian para wisatawan karena salah satu kawasan cagar budaya yang juga menjadi destinasi wisata bahari.

“28.691 wisatawan berkunjung untuk melihat secara langsung peninggalan sejarah zaman kolonial Belanda, salah satunya Benteng Martello,” kata Kepala UP Museum Kebaharian Jakarta Mis’ Ari, Kamis.

Berdasarkan data Unit Pengelola Museum Kebaharian Jakarta, lima kunjungan terbanyak terjadi pada bulan Juli sebanyak 3.737 orang, Juni (3.699 orang), Agustus (3.512 orang), Mei (3.105 orang) dan Maret (2.646 orang).

Seperti diketahui, destinasi wisata sejarah Taman Arkeologi Onrust meliputi Pulau Onrust, Pulau Cipir dan Pulau Kelor. Ketiga pulau itu memiliki bangunan bersejarah saat zaman kolonial Belanda.

“Kunjungan di tahun 2023 diprediksi akan semakin bertambah bersamaan dicabutnya PPKM oleh pemerintah pusat, serta telah dilakukannya revitalisasi bangunan VOC di Pulau Onrust dan juga telah diperbaikinya dermaga di tiga pulau tersebut pada tahun 2022,” kata Mis’ Ari.

Baca juga: Cuaca dapat rintangi budidaya ikan bandeng di Pulau Untung Jawa

Baca juga: Pemkab Seribu libatkan digital nomad bekerja di Untung Jawa dan Onrust

Baca juga: Pejabat pemda ibaratkan laut di Kepulauan Seribu seperti ’emas biru’

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2023

Leave a Comment