Puluhan lansia antusias periksa kesehatan gratis di Jakarta Pusat

Total sebanyak 50 warga yang datang ke layanan posyandu lansia

Jakarta Polri.co.id – Puluhan warga lanjut usia (lansia) antusias menjalani pemeriksaan kesehatan secara gratis di pos pelayanan terpadu (Posyandu) Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Keuangan RT 6 RW 6 Kelurahan Bendungan Hilir, Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat.

“Total sebanyak 50 warga yang datang ke layanan posyandu lansia di RPTRA Keuangan untuk memeriksakan kesehatannya,” kata Kepala Seksi Kesejahteraan (Kasi Kesra) Kelurahan Bendungan Hilir Sri Yekti Handayani di Jakarta, Senin.

Sri mengatakan 50 warga lansia telah hadir sejak pagi untuk memeriksakan kesehatan di antaranya kondisi kolesterol, tekanan darah dan gula darah.

Layanan pemeriksaan kesehatan untuk lansia di posyandu itu merupakan kegiatan rutin pada setiap Senin pekan pertama setiap bulan.

Baca juga: Dinsos DKI tambah kuota penerima BST dua kali lipat

Ia mengungkapkan, kondisi kesehatan yang diperiksa antara lain berat badan, lingkar pinggang, tinggi, tekanan darah, pemeriksaan gula darah, kolesterol​​​​ dan asam urat.

“Pemeriksaan kesehatan bertujuan untuk memastikan kesehatan warga lansia di Bendungan Hilir selalu sehat dan menghilangkan stres sambil berinteraksi sesama lansia lainnya,” lanjutnya.

Sementara itu, warga RT 05/RW 06 Kelurahan Bendungan Hilir, Tuminen (65) mengaku senang atas layanan pemeriksaan kesehatan gratis di RPTRA Keuangan itu.

Tuminen berharap pemeriksaan kesehatan untuk lansia secara gratis ini digelar secara rutin sehingga dapat mengetahui kondisi kesehatan.

Baca juga: Wali Kota Jakarta Timur sebut lansia merupakan motivator

“Kami berharap pemeriksaan gratis ini digelar secara rutin sehingga bisa mengetahui kondisi kesehatan. Alhamdulillah, saat diperiksa kondisi normal semua,” ucapnya.

Pemeriksaan kesehatan untuk usia lanjut atau di atas usia 60 tahun merupakan salah satu hal yang wajib dilakukan oleh semua orang, baik warga yang sehat maupun yang mempunyai keluhan penyakit.

Pemeriksaan kesehatan pada lansia sangat perlu karena lebih rentan terhadap penyakit.

Pewarta: Ulfa Jainita
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © Polri.co.id 2022

Leave a Comment