Presiden China: “Dari semua hal, makan adalah yang paling penting”

Dari semua hal, makan adalah yang paling penting, dan pangan merupakan kebutuhan paling mendasar bagi masyarakat, ujar Xi

Beijing Polri.co.id – Presiden China Xi Jinping selalu mengutamakan ketahanan pangan China, menekankan perlunya ketahanan pangan yang cukup bagi masyarakat dalam berbagai kesempatan.

Dari semua hal, makan adalah yang paling penting, dan pangan merupakan kebutuhan paling mendasar bagi masyarakat, ujar Xi yang juga menjabat sebagai Sekretaris Jenderal Komite Sentral Partai Komunis China (Communist Party of China/CPC) sekaligus Ketua Komisi Militer Sentral China.

Menjelang festival panen petani China kelima, yang jatuh pada Jumat (23/9), Xi mendesak komite Partai dan pemerintah di semua tingkatan untuk meningkatkan upaya guna memastikan ketahanan biji-bijian serta mendorong petani untuk berperan aktif dalam mempercepat modernisasi pertanian dan daerah perdesaan.

Perkataan Xi senada dengan ratusan juta petani di seluruh China. Xu Congxiang adalah salah satunya.

Xu (69), yang berasal dari wilayah Taihe di Provinsi Anhui, China timur, menulis surat kepada Xi musim panas ini, menceritakan pengalamannya menanam biji-bijian dan upayanya selama satu dekade dalam membantu penduduk desa menghapus kemiskinan. Pada 2010, dia mendirikan sebuah koperasi penanaman pertanian yang mencakup lahan pertanian seluas 1.230 mu (82 hektare).

Tak lama setelah itu, Xu menerima surat balasan dari Xi. Dalam surat itu, Xi mengatakan dirinya gembira mengetahui bahwa Xu telah menuai panen gandum yang melimpah dan keturunan Xu telah mengikuti jejaknya untuk bekerja di bidang pertanian.

Xi mengungkapkan harapan bahwa para produsen biji-bijian skala besar dapat memanfaatkan keuntungan dalam skala operasi, secara aktif menerapkan teknologi pertanian modern, serta memberi contoh bagi petani rumah tangga kecil untuk memperluas produksi biji-bijian dan meningkatkan kualitas biji-bijian, sehingga bersama-sama berkontribusi pada ketahanan pangan nasional.

“Surat balasannya sangat menginspirasi dan menunjukkan bahwa dia menaruh perhatian tinggi pada pengembangan pertanian, yang memperkuat keyakinan saya dalam menanam biji-bijian,” tutur Xu saat menerima surat balasan itu.

Musim panas ini, hasil gandum di lahan pertanian peragaan Xu melampaui rekor 800 kilogram per mu. Dia juga menanam 16 varietas jagung baru di lahan eksperimennya, dan dia memperkirakan panen musim gugur yang melimpah pada Oktober nanti. 

Penerjemah: Xinhua
Editor: Atman Ahdiat
COPYRIGHT © Polri.co.id 2022

Leave a Comment