Presiden China dan Argentina berharap hubungan bilateral lebih erat

Jakarta Polri.co.id – Presiden China Xi Jinping dan Presiden Argentina Alberto Fernandes, Rabu (28/9), menyatakan hubungan bilateral di anatar kedua negara lebih erat, ketika kedua pemimpin negara tersebut mengirim surat ucapan selamat ke forum tingkat tinggi tentang pertukaran budaya antara kedua negara.

Presiden Xi mengatakan China dan Argentina merupakan mitra dan teman baik, dan tahun ini menandai 50 tahun pembentukan hubungan diplomatik antara kedua negara serta menjadi Tahun Persahabatan dan Kerja Sama China-Argentina.

“Selama setengah abad terakhir, hubungan kita bertahan melewati ujian dari perubahan situasi internasional dan menjadi contoh solidaritas, kerja sama, dan pembangunan bersama di antara pasar-pasar emerging dan negara-negara berkembang,” tutur Xi.

Xi mengatakan pembangunan hubungan bilateral yang komprehensif dan pesat mencerminkan vitalitas hubungan China-Amerika Latin. Dia berharap para partisipan akan menghimpun kearifan mereka dan membangun konsensus untuk membantu menuliskan babak baru dalam kemitraan strategis komprehensif bilateral serta berkontribusi bagi pembangunan komunitas dengan masa depan bersama bagi China dan Amerika Latin maupun seluruh umat manusia di era baru.

Fernandez menyampaikan kepercayaannya bahwa kedua belah pihak akan menyambut komunitas dengan masa depan bersama yang bercirikan tingkat pembangunan yang lebih tinggi.

Kerja sama media yang bermanfaat antara kedua negara telah meningkatkan rasa saling pengertian antara kedua bangsa, katanya. Dia berharap kedua belah pihak dapat memperdalam kerja sama, berkontribusi bagi kemitraan strategis komprehensif, dan berkontribusi lebih besar lagi bagi kesejahteraan kedua bangsa maupun perdamaian dan pembangunan dunia.

Pewarta: Xinhua
Editor: Joko Susilo
COPYRIGHT © Polri.co.id 2022

Leave a Comment