Polsek Cilandak sosialisasi cegah narkoba dan tawuran di 41 sekolah

setiap hari memberikan sosialisasi lewat Bhabinkamtibnas

Jakarta Polri.co.id – Kepolisian Sektor (Polsek) Cilandak menyosialisasikan pencegahan narkoba, tawuran, dan balap liar secara rutin di 41 sekolah dengan cara mendatangi langsung sekolah-sekolah tersebut..

“Kita safari sebanyak 41 sekolah di Kecamatan Cilandak setiap hari memberikan sosialisasi lewat Bhabinkamtibmas (Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat),” kata Kapolsek Cilandak Kompol Multazam Lisendra saat dihubungi di Jakarta, Selasa.

Multazam menyebutkan sekolah yang menjadi sasaran sosialisasi yakni  Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA), Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA) sederajat.

Sosialisasi dilakukan setelah pulang sekolah bekerjasama dengan pihak kecamatan dan  kepala sekolah.

Pihaknya juga menghimbau para siswa untuk segera pulang dan tidak berkumpul di pinggir jalan untuk mengurangi kegiatan yang tidak penting.

Menurut Multazam, selama jam sekolah anak-anak menjadi tanggung jawab guru. Setelah di rumah, tanggung jawab itu beralih ke pihak orang tua.

Namun ketika sang anak berada di luar lingkungan sekolah dan rumah, pihaknya selaku penegak hukum bertanggung jawab agar anak tersebut tidak terlibat aksi kriminal.

Adapun Multazam menilai penyebab tawuran ada berbagai faktor yakni mulai dari berselisih paham di media sosial hingga mencari jati diri di tengah pergaulan.

Namun melakukan tindakan kriminal seperti memakai narkoba hingga tawuran bukanlah solusi agar bisa diakui, kata dia.

Ada banyak kegiatan bermanfaat yang bisa dilakukan anak-anak muda mulai dari menekuni hobi seperti olahraga hingga berkegiatan seni.

Multazam berharap dengan adanya sosialisasi ini para siswa memiliki kesadaran bahwa waktu yang mereka miliki lebih baik digunakan untuk melakukan hal bermanfaat.

“Kita berusaha untuk datang ke sekolah-sekolah jemput bola, memberikan kesadaran kepada anak-anak bahwa tawuran itu tidak baik, tidak penting, merugikan banyak orang,” tuturnya.

Baca juga: Puskesmas Cilandak lakukan pelacakan kontak kasus COVID-19

Baca juga: Banjir di Cilandak Timur Jaksel capai 65 cm

Baca juga: Sudin Bina Marga Jaksel bantah pegawainya terlibat bongkar trotoar

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © Polri.co.id 2022

Leave a Comment