Polisi tempatkan petugas di lokasi kebakaran Mampang

untuk menjaga keamanan sekitar

Jakarta Polri.co.id – Polres Metro Jakarta Selatan menempatkan petugas berseragam dan tak berseragam di lokasi kebakaran Jalan Bangka Buntu I RW 05, Kelurahan Bangka, Kecamatan Mampang Prapatan Jakarta Selatan.

“Mereka bekerja sama dengan Ketua RT, para kepala keluarga untuk menjaga keamanan sekitar,” kata Kapolres Metro Jakarta Selatan Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi di Jakarta, Selasa.

Ia juga mengimbau kepada para korban kebakaran itu untuk melaporkan kepada petugas, jika ada potensi ancaman keamanan dan ketertiban, misalnya pencurian barang berharga tersisa di lokasi kebakaran. 

“Ketika ada informasi itu bisa dilapor ke posko atau pak Kapolsek,” katanya.

Baca juga: BPBD DKI salurkan logistik korban kebakaran di Mampang Prapatan

Oleh karena itu, dia menegaskan pihaknya akan terus membantu warga, khususnya yang membutuhkan bantuan dengan menyebarkan nomor telepon seluler (ponsel) miliknya yakni 08119981998.

Dengan demikian, lanjutnya, Polres Metro Jakarta Selatan terus meningkatkan pelayanan mereka kepada masyarakat terutama yang terkena musibah.

Berdasarkan informasi di lapangan, seorang penjual bandrek diduga mencuri kabel tembaga di lokasi kebakaran pada Selasa pagi ini.

Menurut warga bernama Dedi, sang pencuri melakukan aksinya dengan memanfaatkan kesempatan saat kebakaran masih berlangsung dan warga lainnya sedang memadamkan api.

Baca juga: Wali Kota Jaksel beri bantuan korban kebakaran Mampang

“Posisinya masih pagi sekali, kebakaran di belakang juga masih ada api. Sekitar jam enam pagi,” ujar Dedi.

Usai mengetahui aksi pencurian yang dilakukan oleh penjual bandrek, menurut Dedi warga memilih untuk menasehati sang pencuri dan meninggalkan lokasi.

“Dinasihati cuma jawabannya kurang mengenakkan, jadi saya tegur lebih tegas karena kondisi lagi musibah gini, kita jadi emosi,” katanya. 

Sebanyak 543 jiwa dari 179 kepala keluarga (KK) jadi korban kebakaran di Jalan Bangka Buntu I RW 05, Kelurahan Bangka, Kecamatan Mampang Prapatan Jakarta Selatan pada Senin (26/12) malam mulai pukul 19.30 WIB.

Baca juga: Ratusan jiwa terkena dampak kebakaran Mampang Jakarta Selatan

“Sejauh ini masyarakat korban kebakaran sudah dievakuasi oleh camat di Masjid Al-Aqwam, klinik dan lokasi sekitar Jalan Bangka Buntu,” demikian keterangan Kapolres Metro Jakarta Selatan Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi melalui akun Instagram @adeary_millcop_jakartaselatan di Jakarta.

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © Polri.co.id 2022

Leave a Comment