Polisi imbau warga lapor ke dinas sosial bila menemukan anak terlantar

belum bisa berkomunikasi secara normal

Jakarta Polri.co.id – Kapolsek Cilandak Kompol Multazam Lisendra menghimbau masyarakat segera melaporkan kepada dinas sosial terdekat apabila menemukan anak terlantar.

“Apabila menemukan anak terlantar ataupun anak hilang segera menghubungi Dinas Sosial (Dinsos) Kedoya Jakarta Barat, Dinsos Cipayung, ataupun Dinsos kecamatan terdekat,” kata Multazam  di Jakarta, Selasa, saat mengunjungi kediaman Bagus, 10 tahun, anak yang ditemukan terlantar di Mall Point Square, Lebak Bulus pada hari Sabtu (20/11).

Multazam mengatakan kunjungan ini untuk memastikan bahwa anak bersangkutan sudah diambil keluarganya dan ditangani  orang yang tepat.

“Bagus diketahui belum bisa berkomunikasi secara normal dan saat ini masih dirawat pamannya, Yerry karena ayahnya telah meninggal dunia dan ibunya meninggalkan rumah,” imbuh Multazam.

Multazam juga menyebutkan dari keterangan keluarga diketahui Bagus sering keluar rumah tanpa sepengetahuan keluarga, sehingga warga hafal akan kebiasaan ini dan selanjutnya akan memberitahu pihak keluarga untuk menjemput yang bersangkutan.

Saat berkunjung, Multazam menyempatkan memberikan bantuan sembako titipan Kapolres Metro Jakarta Selatan serta makanan ringan.

Sementara itu pihak keluarga yang diwakili Yery selaku paman yang bersangkutan mengucapkan terima kasih atas bantuan Polsek dan Dinas Sosial Kecamatan Cilandak yang sejak penemuan hingga diterima kembali keponakannya berada dalam keadaan selamat dan sehat.

“Kami khawatir sewaktu pergi dimanfaatkan oleh orang yang mencari keuntungan ataupun melakukan tindakan kekerasan terhadap anak, kata Yery

Yery mengatakan keponakannya mengidap autis dan masih dalam pengobatan terapi oleh keluarga untuk penyembuhan secara bertahap.

Kunjungan dilakukan di kediaman keluarga di wilayah Peninggilan Rt.01 Rw.06 Peninggilan, Ciledug, Kota Tangerang.

Sebelumnya Polsek Cilandak menyebarkan informasi anak hilang melalui media sosial dan media online dan yang bersangkutan dijemput pihak keluarga pada Senin (21/11) di tempat penampungan sementara Dinas Sosial Kedoya Jakarta Barat.

Baca juga: Pj Gubernur DKI minta fokus bina PMKS

Baca juga: Kisah Mami Ciska bantu anak terlantar dituangkan dalam memoar

Baca juga: KPAI: Program adopsi anak terlantar kalah dengan adopsi boneka arwah

Pewarta: Yoanita Hastryka Djohan
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © Polri.co.id 2022

Leave a Comment