PMI siapkan posko bantuan untuk korban banjir di Jakarta Barat

Jakarta Polri.co.id – Palang Merah Indonesia (PMI) Jakarta Barat membangun posko banjir untuk memberikan bantuan kepada korban banjir di wilayah tersebut.

Posko itu terletak di kantor PMI Jakarta Barat yang berlokasi di Jalan Perdana, Kelurahan Wijaya Kusuma, Kecamatan Grogol Petamburan, Jakarta Barat.

“Kemarin baru dirapatkan di wali kota bahwa kita akan buat posko bantuan untuk warga korban banjir,” kata Ketua PMI Jakarta Barat, Becky Mardani saat dihubungi di Jakarta, Senin.

Becky mengatakan, posko tersebut dirasa perlu lantaran saat ini DKI Jakarta masih dalam masa musim hujan. Di kondisi seperti ini, banjir mudah terjadi terutama di permukiman yang berdekatan dengan bantaran kali besar.

Karena itu, pihaknya menyediakan beberapa alat bantu di posko untuk menolong para korban banjir. Yakni mobil ambulans, tiga perahu karet, tenda pengungsian dengan ukuran besar dan peralatan untuk memeriksa kesehatan.

Tidak hanya itu, pihaknya juga akan menyediakan bantuan berupa kebutuhan pangan bagi warga korban banjir. “Kita sesuaikan jumlah bantuan dengan jumlah warga yang terdampak. Yang pasti kita siapkan bantuan pangan ataupun pakaian,” kata dia.

Becky menjelaskan, posko tersebut akan bekerja sesuai dengan koordinasi pihak PMI tingkat kecamatan ke tingkat kota.

Jika di kecamatan tertentu ada banjir yang cukup parah, maka informasi tersebut akan masuk ke PMI tingkat kota dan bantuan akan dikirimkan ke lokasi.

Baca juga: Pembangunan waduk di Pesakih capai 65 persen

 

Pewarta: Walda Marison
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2023

Leave a Comment