Pj Gubernur DKI tinjau persiapan Natal sejumlah gereja di Jakarta

Jakarta Polri.co.id – Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono meninjau persiapan pelaksanaan ibadah Natal sejumlah gereja di Jakarta bersama rombongan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi DKI Jakarta menaiki bus listrik TransJakarta dan dikawal kendaraan operasional dinas lalu lintas kepolisian, Sabtu.

Pertama, Heru mengajak serta rombongan di antaranya Kepala Kepolisian Daerah Metropolitan Jakarta Raya Inspektur Jenderal Polisi Fadil Imran dan Panglima Komando Daerah Militer Jakarta Raya Mayor Jenderal Untung Budiharto ke dalam ruang ibadah Gereja Protestan Immanuel sekitar pukul 15.00 WIB.

Heru yang mengenakan batik tampak tampak disambut Ketua Majelis Jemaat GPIB Immanuel Pendeta Abraham Ruben Persang dan tim panitia natal Gereja Immanuel, lalu berdiskusi perihal kapasitas gereja untuk ibadah 24 Desember nanti malam.

Namun tak tampak ada jemaat sekitar yang bisa sekadar menyapa ataupun mengajak foto bersama Pj Gubernur DKI Jakarta dan rombongannya.

Baca juga: Anjing pelacak K-9 sisir Gereja Katedral Jakarta menjelang Misa Natal

Barisan wartawan Balai Kota juga tidak berkesempatan melakukan wawancara singkat dengan Heru Budi Hartono karena rombongan ingin langsung mendekati altar.

Heru bahkan tertarik dengan cawan piringan terbuat dari kuningan serta perlengkapan upacara lainnya yang diletakkan di dekatnya.

Cawan yang menarik Heru itu merupakan perlengkapan upacara perjamuan kudus Gereja Protestan Immanuel Jakarta yang juga menjadi Bangunan Cagar Budaya di DKI Jakarta menurut SK Mendikbud RI 0128/M/1988 dan SK Gubernur Nomor 475/1993.

Kapasitas jemaat di GPIB Immanuel sendiri bisa menampung setidaknya 500 jemaat secara penuh bagi jemaat yang duduk dalam gereja.

Baca juga: Pj Gubernur DKI sambangi Gereja Katedral cek pelaksanaan Misa Natal

Tak berapa lama, Heru dan rombongan yang tampak juga Ketua DPRD Provinsi DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi, meninggalkan lokasi Gereja Protestan Immanuel di Gambir untuk menuju lokasi Gereja Katolik Katedral di sebelah Masjid Raya Istiqlal sekitar pukul 15.20 WIB.

Sejumlah rombongan anggota Forkopimda Provinsi DKI Jakarta meninggalkan GPIB Immanuel di Gambir, Jakarta Pusat pada Sabtu (24/12/2022). ANTARA/Abdu Faisal

Di Katedral Jakarta, Heru Budi melakukan pertemuan dengan Kardinal Ignatius Suharyo dan Pimpinan Keuskupan Agung Jakarta di Wisma Keuskupan. Rombongan tampak berbincang mengenai persiapan misa malam Natal.

Selepas dari Katedral, dilanjutkan dengan kunjungan ke Gereja Katolik Santo Ignatius Loyola di Jalan Latuharhary, Menteng, Jakarta Pusat. Kemudian diakhiri dengan kunjungan ke Gereja GPIB Paulus.

Hingga berita ini dilaporkan pada pukul 16.26 WIB, rombongan masih melakukan kunjungan ke sejumlah gereja tersebut.

Baca juga: Pemkot Jaksel tingkatkan pengamanan seluruh gereja jelang Natal

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © Polri.co.id 2022

Leave a Comment