Pintu Air Pasar Ikan Siaga 2, sembilan kelurahan kemungkinan terdampak

Jakarta Polri.co.id – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta menyebutkan, sembilan kelurahan kemungkinan besar terdampak tinggi muka air (TMA) di Pintu Air Pasar Ikan yang Siaga 2 pada Selasa pagi.

BPBD DKI Jakarta menyebutkan, dalam pengumuman di media sosial resminya menyebutkan, berdasarkan pengamatan petugas Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta, TMA di Pintu Air Pasar Ikan untuk di sungai -128 sentimeter (cm) dan di laut 205 cm atau Siaga 2 dengan situasi cuaca mendung tipis.

Antisipasi sembilan wilayah kelurahan yang kemungkinan akan terdampak adalah Kamal Muara, Kapuk Muara, Penjaringan, Pluit, Ancol, Kamal, Marunda, Cilincing dan Kalibaru.

“Upaya yang sudah dilakukan adalah penyebaran informasi melalui medsos dan pemberitahuan kepada camat serta lurah setempat,” kata BPBD DKI Jakarta.

​​​​​​BPBD mengimbau masyarakat untuk menggunakan layanan pusat informasi (call center) Jakarta Siaga 112 jika dalam keadaan darurat.

Baca juga: Pintu Air Pasar Ikan Siaga 1

Sementara di Pasar Ikan ketinggian muka air berada pada posisi Siaga 2, ketinggian muka air di 12 pos pemantauan Dinas SDA lainnya di sekitaran Jakarta pada Selasa pagi ini berada pada status normal dan Siaga 3.

Untuk Pintu Air yang berstatus Siaga 3 adalah Pintu Air Marina dengan posisi ketinggian air 134 cm di sungai dan 165 cm di laut dengan cuaca terang.

Adapun tinggi muka air di pos pemantauan lainnya adalah Pos Pesanggrahan berada pada posisi 90 cm dengan status normal dan cuaca gerimis. Pos Angke Hulu berada pada posisi 85 cm dengan status normal dan mendung tipis.

Sedangkan Pos Katulampa pada posisi 40 cm dengan status normal dan cuaca mendung tipis.

Kemudian pos Depok berada pada posisi 115 cm dengan status normal dan cuaca mendung.

Baca juga: Pintu Air Pasar Ikan Siaga Dua

Pos Manggarai pada posisi 665 cm dengan status normal dan cuaca terang dan pos Krukut Hulu pada posisi 50 cm dengan status normal dan cuaca gerimis.

Lalu Pos Karet berada pada posisi 300 cm dengan status normal dan cuaca terang. Pos Waduk Pluit pada posisi -190 cm dengan status normal dan cuaca terang.

Di Pos Cipinang Hulu ketinggian muka air berada pada posisi 125 cm dengan status normal dan cuaca terang. Pos Sunter Hulu pada posisi 110 cm dengan status normal dan cuaca mendung tipis dan pos Pulogadung pada posisi 330 cm dengan status normal dan cuaca mendung tipis.

Dinas SDA mencatat cuaca di lima wilayah Jakarta, yakni Jakarta Pusat, Barat, Utara dan Timur, saat ini dalam kondisi cerah, sementara Jakarta Selatan dalam kondisi mendung tipis.

 

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2023

Leave a Comment