Petugas gabungan tangani jalan longsor di Jakarta Timur

Jakarta Polri.co.id – Petugas gabungan dari Suku Dinas Sumber Daya Air Jakarta Timur dan Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) Kelurahan Makasar melakukan penanganan jalan longsor di Jalan Kerja Bakti VII RT 09/04 Kecamatan Makasar.

Camat Makasar, Kamal Alatas mengatakan, jalan longsor itu akibat hujan deras yang mengguyur wilayah tersebut pada Selasa (4/10). Kini lokasi longsor telah dipasang kayu dolken.

“Langkah awal untuk mencegah terjadinya longsor susulan, sudah dilakukan penanganan sementara di lokasi kejadian dengan dipasangi kayu dolken,” kata Kamal Alatas di Jakarta, Rabu.

Kamal menambahkan, pihaknya juga telah meminta kepada pengurus RT/RW setempat untuk melarang mobil melintasi di lokasi kejadian karena masih rawan.

Pihak pengurus RW 07 terpaksa menutup jalan tersebut agar tidak dilintasi mobil karena badan jalan banyak yang retak dan sebagian sudah longsor hingga ke tebing Kali Cipinang.

Kamal berharap perbaikan itu tidak hanya di lokasi longsor namun juga di daerah sekitar yang dinilai rawan dan harus dilakukan perbaikan. “Agar tidak terjadi longsor susulan di kemudian hari,” katanya.

Kasi Pemeliharaan Suku Dinas Sumber Daya Air(Sudin SDA) Jakarta Timur (Jaktim), Puryanto

Baca juga: Sudin SDA Jaktim perbaiki tanggul longsor di Duren Sawit

Sebelum dilakukan penanganan, pihak kontraktor koordinasi dengan unit terkait, seperti kelurahan/kecamatan, warga dan lainnya.

“Namun belum dilakukan penanganan, sudah terjadi longsor terlebih dulu. Rencananya alat berat mulai didatangkan ke lokasi hari Kamis besok,” kata Puryanto.

Panjang turap yang akan diperbaiki itu kurang lebih 47 meter dan tingginya sekitar 11,5 meter. Turap tersebut akan dibuat tiga trap atau susun menggunakan pasangan batu kali agar kokoh dan tidak longsor lagi.

“Secara teknis akan kita kerjakan mulai bulan ini hingga Desember. Karena memang sebelumnya sudah diprogramkan untuk dikerjakan. Namun belum juga dikerjakan sudah longsor duluan,” kata Puryanto.

​​​​​​​

Pewarta: Yogi Rachman
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © Polri.co.id 2022

Leave a Comment