Petugas gabungan Kepulauan Seribu gerebek sampah di Pulau Kelapa

Gerakan Jumsih pada September itu membuat warga lebih kompak

Jakarta Polri.co.id РSejumlah petugas gabungan Kepulauan Seribu melaksanakan kegiatan  gerebek sampah di sekitar lokasi Kelurahan Pulau Kelapa lewat Gerakan Jumat Bersih (Jumsih) hingga total sampah diangkut lebih dari lima ton selama periode September.

“Tujuannya agar lingkungan bersih dan rapi,” kata Lurah Pulau Kelapa Muslim di Kepulauan Seribu, Jakarta, Jumat.

Muslim mengatakan pengurus RT/RW Pulau Kelapa melakukan kegiatan bersama petugas Satuan Polisi Pamong Praja, Suku Dinas Lingkungan Hidup, Satgas Sumber Daya Air, Petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum, serta dari unsur Kepolisian.

Selama periode September 2022 ini, kata Muslim, total volume sampah yang berhasil diangkut Penggerak Jumsih lebih dari lima ton atau berjumlah 5.980 kilogram. Dengan rincian sampah kayu, sampah kemasan, botol dan gelas serta sampah residu.

Muslim berharap Gerakan Jumsih pada September itu membuat warga lebih kompak dan lebih bersatu, mencegah perpecahan, dan membangkitkan kesadaran bersama tentang pentingnya membersihkan lingkungan, terlebih untuk anak muda.

“Semoga giat ini mampu menambah kekompakan dan kesadaran di RW 01, serta RW-RW lain di Pulau Kelapa terkhusus untuk anak muda,” tutupnya.

Sebelumnya diberitakan sebanyak 70 persen sampah di Kepulauan Seribu mesti dikirim ke daratan Jakarta, termasuk limbah bahan berbahaya dan beracun (B3), menggunakan kapal pengangkut sampah Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta.

Hanya 30 persen dari total sampah secara keseluruhan yang bisa diolah Kepulauan Seribu setiap harinya menggunakan fasilitas pengolahan sampah di wilayah seperti mesin pencacah, mesin pengubah sampah jadi bahan bakar solar (pirolisis), dan mekanisme penguraian sampah menggunakan larva lalat (maggot).

Setiap hari, sembilan kapal pengangkut sampah Dinas LH DKI Jakarta bergerak pada 11 pulau pemukiman untuk membawa sekitar tiga hingga empat ton sampah per pekan ke daratan Jakarta melalui jalur laut.

Pulau Kelapa adalah satu dari 11 pulau pemukiman tersebut.

Nantinya, sampah tersebut diarahkan lewat jalur darat ke Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Bantargebang milik unit pengelola sampah terpadu Dinas LH DKI Jakarta di Bekasi, Jawa Barat.

Berikut daftar pulau pemukiman di Kepulauan Seribu:

1. P. Untung Jawa

2. P. Pari

3. P. Payung

4. P. Lancang

5. P. Tidung

6. P. Pramuka

7. P. Kelapa

8. P. Kelapa 2

9. P. Harapan

10. P. Panggang

11. P. Sabira

Baca juga: Pemkab-HIPMI Kepulauan Seribu kembangkan pariwisata dan logistik

Baca juga: Kapasitas pengolahan sampah Pulau Seribu perlu ditingkatkan

Baca juga: DKI genjot penanaman mangrove untuk kendalikan rob di pesisir Jakarta

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © Polri.co.id 2022

Leave a Comment