Perwakilan asing di Jakarta sampaikan duka cita atas gempa Cianjur

Saya turut berduka cita atas kehilangan yang begitu besar, yang dialami banyak orang dalam bencana gempa di Cianjur. Pikiran saya bersama orang-orang yang menderita

Jakarta Polri.co.id – Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Sung Y. Kim menyampaikan duka cita bagi para korban bencana gempa yang melanda Cianjur, Jawa Barat pada Senin (21/11).

“Saya turut berduka cita atas kehilangan yang begitu besar, yang dialami banyak orang dalam bencana gempa di Cianjur. Pikiran saya bersama orang-orang yang menderita,” tulis Dubes di Twitter miliknya pada Selasa.

Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak di akun Twitter milik Kedutaan Besar Inggris untuk Indonesia mengatakan: “Saya terkejut atas bencana yang mengerikan di Indonesia saat ini.”

PM mengatakan bahwa pekan lalu dirinya baru saja merasakan secara langsung kehangatan, kemurahan hati dan kebaikan orang-orang Indonesia.

“Inggris bersama dengan Anda, Presiden Joko Widodo dan seluruh rakyat Indonesia di masa sulit ini.”

Bencana gempa bumi berkekuatan magnitudo 5,6 terjadi di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat pada Senin siang dan mengakibatkan bangunan mengalami kerusakan serta jatuhnya ratusan korban meninggal.

Berdasarkan data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) per Selasa (22/11) pukul 09.55 WIB dilaporkan 103 orang meninggal. Mayoritas warga meninggal karena tertimpa reruntuhan bangunan yang ambruk saat peristiwa terjadi.

Sementara itu, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengajak umat Muslim di seluruh pelosok negeri untuk menggelar Shalat Gaib dan tahlil untuk korban gempa Cianjur.

“Mari kita lakukan Shalat Gaib. Semoga mereka mendapat ampunan dan rahmat dari Allah SWT,” kata Yaqut di Jakarta, Selasa.

Baca juga: Pakar Gempa ITB beri penjelasan tentang Sesar Cimandiri

Baca juga: Presiden minta dahulukan evakuasi korban gempa Cianjur

Pewarta: Asri Mayang Sari
Editor: Mulyo Sunyoto
COPYRIGHT © Polri.co.id 2022

Leave a Comment