Peringatan “Diplomasi Ping-Pong” ke-51 digelar di Los Angeles

Saat kita merayakan peringatan Diplomasi Ping-Pong ke-51, kita diingatkan akan nilai-nilai kokoh dari persahabatan dan sportifitas

Los Angeles Polri.co.id – Sebuah acara gala digelar di Pacific Palms Resort di Los Angeles County, Amerika Serikat (AS), pada Selasa (20/12) malam waktu setempat untuk memperingati 51 tahun “Diplomasi Ping-Pong” antara China dan AS.

Acara tersebut, yang diselenggarakan bersama oleh USA Table Tennis, Konsulat Jenderal China di Los Angeles, dan All American Chinese Association, diikuti lebih dari 500 pejabat dan atlet asal China dan AS, serta para pemimpin olahraga internasional dan perwakilan dari komunitas China setempat.

“Saat ini, 51 tahun telah berlalu sejak tim Ping-Pong AS melakukan kunjungan pertamanya ke China. Selama lima dasawarsa terakhir, terlepas dari pasang surut dalam hubungan bilateral, semangat Diplomasi Ping-Pong tetap hidup dan pertukaran serta interaksi antara kedua bangsa kita tetap kuat,” ujar Zhang Ping, Konsul Jenderal China di Los Angeles, dalam pidatonya.

Zhang menekankan bahwa Asosiasi Tenis Meja China menjalin kontak erat dengan mitra setaranya dari AS, mengingat bahwa para pemain dari kedua negara bermain berpasangan di nomor ganda campuran dalam Kejuaraan Dunia di Houston tahun lalu.

“Kisah Diplomasi Ping-Pong menggambarkan fakta bahwa kedua negara kita dapat mengatasi perbedaan dan bekerja sama demi kepentingan bersama, serta kedua masyarakat dapat bersatu dan menjalin persahabatan sejati. Hal itu menginspirasi kita untuk berupaya lebih keras dalam memajukan hubungan China-AS dengan mempromosikan lebih banyak pertukaran dan kerja sama, serta pemahaman yang lebih baik dan persahabatan yang lebih besar antara kedua negara dan rakyat kita,” kata Zhang.

Gene Sykes, Ketua Komite Olimpiade dan Paralimpiade AS, menekankan persahabatan antara AS dan China yang terjadi melalui olahraga merupakan “hal yang menyatukan rakyat kita.”

Mantan CEO komite penyelenggara Olimpiade Los Angeles 2028 itu menyambut para atlet dari seluruh dunia untuk berpartisipasi dalam Olimpiade dan Paralimpiade 2028 di Los Angeles.

“Kami berbagi pengalaman dengan China perihal menjadi tuan rumah Olimpiade dan Paralimpiade. Bahkan, salah satu kisah yang menurut saya banyak dipahami oleh kami di Los Angeles adalah bahwa China membantu menyelamatkan Olimpiade 1984 untuk Los Angeles saat China setuju untuk menghadiri olimpiade tersebut dan membawa tim mereka. Mereka menjadikan olimpiade itu sebagai sebuah pengalaman berskala global dan sangat menarik, dan sejujurnya, hal itu membuat perbedaan di seluruh gerakan Olimpiade,” tambahnya.

Virginia Sung, CEO USA Table Tennis, mengatakan bahwa gala tersebut merupakan salah satu dari tujuh acara peringatan Diplomasi Ping-Pong yang berlangsung di seantero AS pada tahun ini.

“Saat kita merayakan peringatan Diplomasi Ping-Pong ke-51, kita diingatkan akan nilai-nilai kokoh dari persahabatan dan sportifitas,” ujarnya, sembari menambahkan bahwa olahraga tenis meja dapat menjadi sebuah platform yang menyatukan masyarakat.

Petra Sorling, Presiden Federasi Tenis Meja Internasional, dalam pidatonya menggemakan “semangat Diplomasi Ping-Pong ada di dalam DNA tenis meja” dan “itu menjadi sebuah platform untuk menciptakan dialog dan membangun persahabatan.” 

Pewarta: Xinhua
Editor: Mulyo Sunyoto
COPYRIGHT © Polri.co.id 2022

Leave a Comment