Perayaan Natal GPIB Immanuel dihadiri seribu jemaat

revitalisasi Gereja Immanuel yang dilakukan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menjadi salah satu daya tarik jemaat untuk mendatangi gereja untuk ibadah

Jakarta Polri.co.id – Perayaan Natal Gereja Protestan di Indonesia bagian Barat (GPIB) Immanuel Gambir, Jakarta Pusat, dihadiri seribu jemaat menyusul tingginya antusias umat Kristen Protestan untuk beribadah setelah dua tahun lalu dibatasi pandemi.

“Natal pertama tanggal 25 Desember ini merupakan puncaknya. Sebenarnya semalam itu yang datang sekitar 900 hingga 1.000 orang jemaat, jadi pada hari natal ini juga cukup surprise gitu,” kata Penatua GPIB Immanuel, Hengki saat diwawancarai di Gereja Immanuel Jakarta Pusat, Minggu.

Hengki mengatakan antusiasme jemaat itu juga terlihat dari waktu kedatangan mereka ke gereja tersebut.

“Biasanya sebelum jam 9 itu tidak begitu banyak tapi sekarang sebelum jam 8 aja sudah banyak jemaat yang hadir gitu ya,” lanjutnya.

Hengki mengungkapkan proses ibadah secara luring baru pertama kali dilaksanakan setelah pandemi COVID-19.

Antusiasme jemaat datang ke gereja itu juga semakin menjadi setelah gereja tersebut di revitalisasi tetapi belum bisa sepenuhnya menampung jemaat karena masih dalam situasi Pandemi COVID-19.

“Jadi setelah direvitalisasi ini memang terlihat kerinduan Jemaat itu untuk beribadah luring dalam gereja cukup besar sekali,” ucapnya.

Ia menjelaskan, revitalisasi Gereja Immanuel yang dilakukan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menjadi salah satu daya tarik jemaat untuk mendatangi gereja untuk ibadah.

Apalagi, tahun ini, perayaan misalnya di gereja tersebut sudah bisa diikuti oleh jemaat sesuai dengan kapasitas maksimal gereja tersebut.

“Ya, revitalisasi tersebut sangat luar biasa buat kami, kita bisa lihat hasilnya. Itu yang sangat membedakan dan ini yang pertama kali begitu banyak umat yang antusias itu juga suatu sukacita buat kami,” katanya.

Dari pantauan, terlihat ratusan jemaat memadati lantai satu dan dua gereja yang terdaftar sebagai cagar budaya tersebut.

Suasana gereja terasa hening meskipun ratusan jemaat hadir untuk mengikuti peribadatan.

Baca juga: Pemkot Jaksel gencarkan bersih-bersih gereja jelang perayaan Natal

Baca juga: Kapolri dan Panglima TNI cek pelaksanaan Natal di Katedral Jakarta

Baca juga: Petugas terapkan buka tutup rest area KM 57 jika over kapasitas


Pewarta: Ulfa Jainita
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © Polri.co.id 2022

Leave a Comment