Penumpang masih padati Terminal Kalideres

Jakarta Polri.co.id – Arus mudik libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 tujuan berbagai daerah masih memadati Terminal Kalideres, Jakarta Barat, pada Jumat.

Kepala Terminal Kalideres Revi Zulkarnaen mengatakan, hal itu terlihat dari jumlah penumpang yang masih terbilang tinggi di fasilitas pemberangkatan bus di terminal tersebut.

Pada Kamis (29/12) saja, penumpang yang berangkat sampai sekitar 800 pelanggan atau dua kali lipat dari hari biasa di kisaran 300-400 orang. “Untuk hari ini, perkiraan kami akan diberangkatkan sekitar 700 penumpang sampai malam nanti,” kata Revi.

Meski masih terjadi arus mudik, Revi menyebutkan, angka ini masih lebih rendah dibandingkan periode libur Natal pada Jumat (23/12) yang mencapai 1.051 penumpang.

“Namun jika dibandingkan tahun lalu, ini masih lebih tinggi, tapi peningkatannya tidak signifikan. Mungkin karena terpengaruh liburnya itu pada hari Minggu jadi kurang banyak penumpang yang mudik, jadi ini kaya’ libur biasa,” katanya.

Baca juga: Penumpang dari Terminal Kalideres menurun saat Natal

Baca juga: Terminal Kalideres sediakan tiga posko kesehatan Natal dan tahun baru

Tujuan utama penumpang yang naik dari Kalideres adalah Sumatera, yakni Padang, Palembang dan Lampung. Kemudian ke kota-kota Jawa Tengah, Banten, Jawa Barat dan Jawa Timur.

Jumlah pemudik hari ini, kata Revi, l diangkut oleh sebanyak 80 armada bus dari berbagai Perusahaan Otobus (PO) yang beroperasi di Terminal Kalideres.

Jumlah unit bus itu juga mengalami penambahan di mana armada bus per hari pada hari biasa, hanya mencapai 50-60 unit bus.

Unit Pelaksana Teknis Terminal Kalideres memastikan seluruh armada bus di terminal itu laik dalam melayani penumpang pada periode libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 karena dilakukan pengecekan sebelum berangkat melayani penumpang.

Begitu juga dengan para pengemudi yang dites kesehatan sebelum berangkat.

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © Polri.co.id 2022

Leave a Comment