Pendidik diharapkan bangkitkan mentalitas siswa sebagai pemimpin

Jakarta Polri.co.id –

Doktor Ilmu Pertahanan dari Universitas Pertahanan (Unhan) Dr Hasto Kristiyanto mengharapkan tenaga pendidik dapat membangkitkan mentalitas para siswa agar menjadi pemimpin masa depan.

 

“Tugas mereka (tenaga pendidik) sangat penting untuk menjadikan para siswa sebagai calon pemimpin Indonesia di masa mendatang. Yakni, pemimpin yang menjadikan Indonesia sebagai pemimpin bagi bangsa-bangsa di dunia,” kata Hasto saat menyampaikan kuliah umum berjudul “Perspektif Pemikiran Bung Karno dalam Geopolitik dan Penerapan Nilai-nilai Pancasila” di Kampus Pembangunan Karakter Bangsa Indonesia (PKBI) Astha Hannas, Subang, Jawa Barat, Selasa.

 

 

“Dari para kepala sekolah ini lah kita bisa mengubah Indonesia. Kita bisa mengubah Indonesia dari pendidikan dan ini bisa dibuktikan oleh teori geopolitik Soekarno,” ujarnya dalam siaran persnya.

 

Menurut dia, pengetahuan soal geopolitik sangat penting karena mengajarkan ilmu kepemimpinan Indonesia bagi bangsa lain di dunia. Peran Bung Karno mendorong kemerdekaan sejumlah negara.

 

“Kalau saya bicara geopolitik Bung Karno, pada dasarnya kepemimpinan Indonesia. Kalau dalam dunia militer kita melakukan ‘force projection’, suatu unjuk kekuatan kita di luar batas wilayah negeri,” ujar pria kelahiran Yogyakarta itu di hadapan para kepala sekolah.

 

Hasto mengaku beruntung dapat bertemu para kepala sekolah yang diharapkan mampu menggelorakan pada anak didiknya semangat untuk melakukan penelitian, sehingga Indonesia menjadi pemimpin diantara bangsa-bangsa dunia sesuai dengan teori geopolitik Soekarno.

 

Di tempat yang sama, Anggota DPR RI Putra Nababan menilai kuliah umum yang disampaikan Hasto Kristiyanto kepada kepala sekolah SMA dan SMK memberikan perspektif pemikiran geopolitik Bung Karno dan Indonesia yang berkontribusi signifikan terhadap dunia, yang dampaknya masih terasa sampai sekarang.

 

“Para kepala sekolah ini memang harus dibangun terus pemahamannya, rasa kebanggaannya atas geopolitik Bung Karno yang mengedepankan nilai-nilai kemanusiaan dengan terus menerapkan nilai-nilai Pancasila di berbagai belahan dunia,” kata anggota Komisi X DPR itu.

 

Apa yang disampaikan Hasto Kristiyanto, tambah Putra, sangat relevan juga untuk generasi muda di kampus revolusi mental dan fokus pada pembentukan karakter bangsa ini.

 

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © Polri.co.id 2022

Leave a Comment