Pemprov DKI tingkatkan potensi edukasi anak di AEW Ragunan

Hari ini ada 75 anak

Jakarta Polri.co.id – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta (Pemprov DKI Jakarta) meningkatkan potensi edukasi bagi anak-anak di Agro Edu Wisata Ragunan, Pasar Minggu Jakarta Selatan melalui kunjungan ke rumah pertanian modern (smart green house).

“Kegiatan kami melihat melon di ‘smart green house’ bersama anak-anak panti asuhan dari Dinas Sosial DKI Jakarta,” kata Penjabat (Pj.) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono saat ditemui di AEW Ragunan, di Jakarta, Jumat.

Heru menjelaskan kedatangannya ini diperuntukkan kepada masyarakat terutama anak sekolah untuk mempelajari pertanian, perkebunan, perikanan dan peternakan.

Pihaknya bersama Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian DKI Jakarta telah menyiapkan bibit tanaman gratis yang bisa dicoba ditanam oleh pengunjung di daerahnya masing-masing.

Baca juga: Ribuan orang kunjungi Agro Edukasi Wisata Ragunan pada 2022

Kepala Dinas Sosial DKI Premi Lasari menambahkan dengan adanya metode kreatif bagi anak-anak ini bisa memudahkan mereka praktik langsung dalam mengenal jenis-jenis sayuran serta buah.

Ke depannya, pihaknya akan rutin mengajak anak sekolah serta panti asuhan sebagai wadah edukasi mengenai ilmu pengetahuan alam.

“Hari ini ada 75 anak dari empat panti asuhan terdiri dari Panti Sosial Asuhan Anak Putra Utama satu sampai tiga dan panti sosial anak tuna rungu serta tuna wicara,” tutur Premi.

Sejumlah 75 anak ini merupakan perwakilan dari 2.000 anak panti sosial yang dikelola oleh Dinas Sosial DKI Jakarta sehingga  diharapkan mampu menambah pengalaman dan ilmu pertanian hingga peternakan di AEW Ragunan.

Baca juga: Jakarta Selatan gencar tambah tanaman produktif di AEW Ragunan

Sebelumnya, ribuan peserta mengunjungi Agro Edukasi Wisata (AEW) Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan sepanjang 2022 untuk belajar menanam hingga merawat tumbuhan, buah serta sayuran yang tersedia.

“Ada total 357 kunjungan dengan 9.642 peserta sepanjang 2022 ini,” kata Kepala Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian Jakarta Selatan Hasudungan A. Sidabalok.

Hasudungan menuturkan kunjungan ini meliputi edukasi budidaya pertanian, peternakan dan perikanan bagi siswa TK/PAUD, SD, SMP, SMA, dan Universitas.

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © ANTARA 2023

Leave a Comment