Pemkot sebut wilayah Taman Sari capai sebaran vaksin PCV tertinggi

mengimbau seluruh orang tua bersedia mengantarkan anak-anaknya yang sudah berusia dua bulan untuk mendapatkan vaksin PCV

Jakarta Polri.co.id – Pemerintah Kota Jakarta Barat (Pemkot Jakbar) memastikan Kecamatan Taman Sari menjadi wilayah dengan capaian tertinggi diantara seluruh kecamatan dalam sebaran vaksin Pnemococcal Conjugate Vaccine  (PCV) untuk mencegah radang paru-paru (pneumonia).

“Kecamatan Taman Sari jadi wilayah dengan capaian tertinggi yakni 11,9 persen dengan jumlah bayi yang divaksin sebanyak 85 dari 717,” kata Kepala Suku Dinas Kesehatan Jakarta Barat, Erizon Safari saat dihubungi di Jakarta, Selasa.

Walau jadi yang tertinggi di seluruh kecamatan, Erizon memastikan sebaran vaksin PCV akan terus ditingkatkan di wilayah Taman Sari untuk memperkuat imun bayi sehingga terhindar dari pneumonia.

Masih terkait capaian vaksin di wilayah, Kecemasan Kalideres menjadi wilayah dengan capaian vaksin terendah yakni dengan 4,3 persen atau setara dengan 110 bayi dari 2541 yang harus divaksin.

Karena kondisi capaian vaksin masih terbilang jauh dari target, Erizon mengimbau seluruh orang tua bersedia mengantarkan anak-anaknya yang sudah berusia dua bulan untuk mendapatkan vaksin PCV.

Vaksin PCV itu dipastikan tersedia di seluruh fasilitas kesehatan tingkat kecamatan dan kelurahan.

“Kita juga pastikan vaksin ini gratis karena masuk dalam program pemerintah,” jelas dia.

Tidak hanya di fasilitas kesehatan milik pemerintah, warga juga bisa mendapatkan vaksin tersebut di bidan atau dokter umum.

“Dokter praktik dan bidan praktik boleh bergabung dengan pemberian vaksin ini asal punya tempat penyimpanan vaksin yang memenuhi standar. Kedua, setiap yang divaksin harus laporkan ke kita,” ujar dia.

Baca juga: 327 anak di Jaksel sudah terima vaksin PCV

Baca juga: 3.903 bayi di Jakarta Pusat terima vaksin PCV

Baca juga: Jakarta Timur sasar 16.086 bayi terima vaksin PCV

 

Pewarta: Walda Marison
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © Polri.co.id 2022

Leave a Comment