Pemkot Jakut gandeng jurnalis kreatif gelar lomba foto-video

gambaran dari berbagai macam sudut pandang

Jakarta Polri.co.id – Pemerintah Kota Jakarta Utara (Pemkot Jakut) menggandeng komunitas Jurnalis Kreatif guna menggelar lomba penulisan jurnalistik, fotografi, dan video kreatif bertema ‘Potensi dan Tantangan Jakarta Utara di Tahun 2023’.

Ketua Pelaksana Lomba Penulisan Jurnalistik, fotografi, dan Video Kreatif M Bachtiar di Jakarta Utara, Senin, mengatakan lomba dengan hadiah total lebih dari 80 juta ini terbagi tiga kategori peserta yaitu jurnalis, pelajar dan mahasiswa.

Untuk kategori penulisan jurnalistik, peserta yang boleh mengirimkan karya untuk dilombakan adalah mereka yang berprofesi sebagai jurnalis dengan media tempat bekerja telah diverifikasi Dewan Pers.

Sementara kategori fotografi, peserta hanya yang saat ini berstatus pelajar atau mahasiswa dengan domisili di wilayah Jabodetabek.

Khusus untuk video kreatif, panitia mempersilakan jurnalis televisi atau mereka yang berstatus pelajar atau mahasiswa untuk mengirimkan karya dihasilkan untuk dilombakan.

Baca juga: Lomba video pendek untuk sosialisasikan pencegahan radikalisme

Tujuan kegiatan ini adalah memperlihatkan perubahan Jakarta Utara sepanjang 2022 yang menjadi sorotan karena perhelatan balap mobil listrik internasional Formula E di Ancol dan telah dibukanya Jakarta International Stadium (JIS) di Tanjung Priok.

Tak hanya menjadi lokasi dari dua ikon baru Jakarta, Jakarta Utara di satu sisi juga memperlihatkan banyaknya pembenahan dilakukan Pemkot Jakarta Utara dan pemangku kebijakan terkait untuk mereduksi dan mengatasi persoalan mendasar seperti banjir salah satunya, sekaligus berupaya menggelorakan budaya hidup sehat melalui berbagai program.

“Kami berharap partisipasi melalui kegiatan ini dapat membedah Jakarta Utara sehingga berbagai potensinya dapat dimaksimalkan dan kendala dihadapi mampu diminimalisir. Lomba ini juga tentunya sekaligus dapat memperlihatkan berbagai upaya atau kinerja jajaran Pemkot Jakut dalam membenahi wilayahnya,” katanya..

Pemenang akan diumumkan nominasinya pada 4 Maret 2023. 

Baca juga: Lomba bakar ikan Sunter meriahkan Tahun Baru 2019

Potensi Jakarta Utara 

Wali Kota Jakarta Utara Ali Maulana Hakim optimistis kegiatan itu dapat memberi gambaran perihal potensi Jakarta Utara, sekaligus upaya pemerintah dalam pembangunan dari sudut pandang masyarakat, khususnya pelajar dan mahasiswa serta jurnalis.

“Kami berharap pelajar/mahasiswa dan para jurnalis memberikan gambaran dari berbagai macam sudut pandang berbeda mengenai kondisi Jakarta Utara saat ini,” katanya.

Ia juga berharap, kegiatan itu dapat semakin memperkenalkan berbagai potensi Jakarta Utara seperti berbagai destinasi wisata, ragam kuliner hingga budaya yang tetap terjaga. 

Calon peserta lomba dapat mendaftar dengan cara mengisi formulir dan mengirimkan karya dilombakan melalui formulir disediakan panitia.

Baca juga: Pademangan Barat juara Lomba Kampung Branding Asian Para Games 2018

Syarat dan ketentuan secara lengkap dapat dilihat melalui akun Instagram @jurnaliskreatif.

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © ANTARA 2023

Leave a Comment