Pemkot Jaktim siagakan posko kesehatan di dua terminal bus AKAP

disiagakan satu dokter, dua paramedis, satu sopir ambulans

Jakarta Polri.co.id – Pemerintah Kota Jakarta Timur (Pemkot Jaktim) menyiagakan posko kesehatan di dua terminal bus antarkota antarprovinsi (AKAP) setempat.

Plt Kasudin Kesehatan Jakarta Timur, Indra Setiawan di Jakarta, Jumat, mengatakan posko kesehatan itu berada di Terminal Kampung Rambutan dan Terminal Pulo Gebang.

“Setiap posko disiagakan satu dokter, dua paramedis, satu sopir ambulans. Untuk tim pemeriksa jumlahnya disesuaikan dengan kondisi kebutuhan di lapangan,” kata Indra.

Indra menambahkan posko kesehatan itu beroperasi sejak 19 Desember 2022 hingga 4 Januari 2023.

Baca juga: Satgas Anti Premanisme dibentuk di dua terminal bus Jakarta Timur

Posko kesehatan tersebut didirikan untuk melayani pemeriksaan kesehatan para awak bus dan penumpang selama libur Natal dan Tahun Baru.

Indra mengatakan para awak bus AKAP sebelum mengemudi harus menjalani kesehatan dan dilakukan tes urine untuk memastikan mereka dalam kondisi sehat, tidak terpengaruh narkoba ketika berkendara.

Sopir atau awak bus AKAP yang dinyatakan tak lolos pemeriksaan kesehatan nantinya akan diberikan perawatan dan tidak dapat mengemudikan bus.

Tak hanya itu, posko kesehatan tersebut juga melayani penumpang bus AKAP yang akan melakukan pemeriksaan kesehatan termasuk menjalani vaksinasi COVID-19 dosis satu, dosis dua, hingga dosis ketiga atau penguat (booster).

Baca juga: Pengelola Terminal Lebak Bulus imbau PO pastikan kelayakan bus

“Kita bersinergi dengan pihak terminal. Ini untuk memberikan rasa aman dan nyaman pada masyarakat yang akan pulang kampung,” ujar Indra.

Pewarta: Yogi Rachman
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © Polri.co.id 2022

Leave a Comment