Pemkot Jaktim gelar penghijauan di saluran Kanal Banjir Timur

kita kasih tanaman di lokasi KBT sehingga tidak ada lagi ruangan untuk bangunan liar bisa berdiri

Jakarta Polri.co.id – Pemerintah Kota Jakarta Timur menggelar program penghijauan di saluran Kanal Banjir Timur (KBT), Kelurahan Pondok Kopi, Kecamatan Duren Sawit, untuk mengantisipasi banjir pada musim hujan.

Lurah Pondok Kopi, Hardi Ananda mengatakan program penghijauan ditandai dengan penanaman pohon di sepanjang saluran  KBT yang  berfungsi sebagai resapan air juga untuk mencegah berdirinya bangunan liar.

“Bersama Suku Dinas Sumber Daya Air Jakarta Timur, kita kasih tanaman di lokasi KBT sehingga tidak ada lagi ruangan untuk bangunan liar bisa berdiri,” kata Hardi Ananda di Jakarta, Selasa.

Hardi menambahkan akan menindaklanjuti laporan dari masyarakat mengenai banyaknya tumpukan sampah di saluran air KBT.

“Ini juga laporan dari masyarakat bahwa kerap terjadi pembakaran sampah liar dan berapa kali ditemukan banyak sampah di sekitar sini yang menghambat saluran air,” ujar Hardi.

Tak hanya itu, beberapa bangunan liar yang berdiri di atas saluran air KBT juga ditertibkan. Hal itu dilakukan agar aliran air tidak lagi terhambat  yang selama ini menjadi penyebab banjir di sekitar lokasi.

“Penertiban pada hari ini dalam rangka bersih-bersih menjelang musim hujan. Kita fokus terhadap saluran di KBT Pondok Kopi,” tutur Hardi.

Penertiban dengan membongkar belasan bangunan liar di sepanjang KBT melibatkan petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) dari Kelurahan Pondok Kopi.

“Ada sekitar 16 bangunan yang kami bongkar pada hari ini,” kata Hardi.

Baca juga: DKI keruk lumpur sungai serentak di lima wilayah cegah banjir

Baca juga: Pemkot Jaktim bangun 200 sumur resapan antisipasi banjir

Baca juga: Pengamat minta DKI lebih fokus tangani tiga tipe banjir

Pewarta: Yogi Rachman
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © Polri.co.id 2022

Leave a Comment