Pemkot Jaktim dukung program pembangunan sodetan Kali Ciliwung

sudah menyiapkan berbagai solusi bagi warga terdampak

Jakarta Polri.co.id – Pemerintah Kota Jakarta Timur mendukung penuh program nasional pembangunan sodetan kali Ciliwung menuju Kanal Banjir Timur (KBT).

Wali Kota Jakarta Timur Muhammad Anwar mengatakan proyek pembangunan Sodetan Ciliwung dinilai sangat penting dalam upaya mengurangi dampak banjir.

“Tentunya ini sangat diharapkan, sangat dibutuhkan oleh masyarakat dan ini proyek nasional, harus dilakukan percepatan, mudah-mudahan harapan kita berjalan lancar,” kata Muhammad Anwar di Jakarta, Rabu.

Anwar menambahkan pembangunan sodetan outlet itu akan dibangun di Jalan IPN Kebon Nanas RT 009 RW 06, Kelurahan Cipinang Besar Selatan.

Dia mengatakan sodetan tersebut sebagai upaya penanganan banjir ataupun genangan dengan menyodet atau membuat terusan dari Kali Ciliwung ke Kanal Banjir Timur (KBT).

Diharapkan dengan terbangunnya sodetan, rumah warga yang berada dekat aliran Kali Ciliwung tidak terus-menerus mengalami banjir ketika musim penghujan maupun ketika mendapat kiriman air dari Bogor.

“Terkait relokasi, Pemkot Jakarta Timur sudah menyiapkan berbagai solusi bagi warga terdampak,” ujar Anwar.

Anwar menjelaskan relokasi bagi warga ber-KTP DKI Jakarta ke rumah susun dan para pedagang akan ditempatkan di pasar di bawah binaan PD Pasar Jaya.

Sedangkan bagi yang ber-KTP di luar kota Jakarta akan dipulangkan ke kampung halaman masing-masing.

“Jadi penghuni-penghuni yang saat ini ada di sana, warga yang ber-KTP DKI kita relokasi ke Rusun Cipinang Besar Utara. Kemudian yang berdagang, kita berikan fasilitas di PD Pasar Jaya seperti di Pasar Embrio Kecamatan Makasar,” tutur Anwar.

Baca juga: Satpol PP Jaktim layangkan surat penertiban penghuni Kali Ciliwung

Baca juga: DPRD dorong Pj Gubernur DKI maksimalkan SKPD untuk sudetan Ciliwung

Baca juga: Jokowi bisiki Heru Budi selesaikan sodetan Ciliwung

Pewarta: Yogi Rachman
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2023

Leave a Comment