Pemkot Jaksel tingkatkan pengamanan seluruh gereja jelang Natal

menjamin peribadahan umat Kristiani berlangsung dengan aman dan lancar

Jakarta Polri.co.id – Pemerintah Kota Jakarta Selatan meningkatkan pengamanan seluruh gereja di wilayahnya menjelang perayaan Natal 25 Desember agar umat Kristiani bisa lebih tenang menjalankan ibadah.

“Inshaallah malam Natal kita keliling dari satu gereja ke gereja lain dalam rangka pengamanan dan menjamin peribadahan umat Kristiani berlangsung dengan aman dan lancar,” kata Wali Kota Jakarta Selatan Munjirin saat ditemui, di Jakarta, Jumat.

Munjirin menyatakan komitmennya untuk mengawasi kurang lebih 50 gereja  dengan berbagi tugas bersama sejumlah pihak terkait.

Harapan Munjirin, dengan adanya peningkatan dan pengawasan di setiap gereja ini mampu mengantisipasi gangguan ketertiban dan keamanan masyarakat di wilayahnya.

Terlebih, Munjirin juga mengimbau kepada warga untuk menjaga lingkungan tetap kondusif dan tidak panik dalam mempersiapkan liburan Natal serta tahun baru.

“Khususnya di Jakarta Selatan bahan pangan tersedia dengan baik stoknya dan warga perlu ingat tetap waspada untuk menjaga wilayah kita,” tuturnya.

Sementara itu, Kecamatan Cilandak menggelar apel  pasukan dalam rangka pengamanan Natal dan tahun baru di halaman parkir South Quarter Jalan RA Kartini, Cilandak Barat, Jakarta Selatan.

“Kegiatan ini kita lakukan rutin setiap tahun dan alhamdulillah ini bentuk sosialisasi kami terkait kesiapan personel dan sarana prasarana yang harus di siapkan,” ucap Camat Cilandak Djaharuddin.

Djaharuddin berharap  300 orang yang hadir dalam apel ini mampu menjaga titik lokasi pengamanan natal dan tahun baru ini pada lokasi keramaian seperti tempat ibadah gereja, pusat perbelanjaan, kafe, dan lainnya.

Polres Metro Jakarta Selatan terkait pengamanan Natal dan tahun baru menyiapkan ribuan personel gabungan untuk ditempatkan di sejumlah gereja.

“Kami menyiapkan 1.246 personel gabungan dari Polda Metro Jaya, Polres Jaksel, Polsek, pemadaman kebakaran, TNI, Satpol PP, dan organisasi masyarakat yang juga menawarkan diri,” kata Kepala Bagian Operasi (Kabag Ops) Polres Metro Jakarta Selatan Kompol Ardian Satrio Utomo di Jakarta.

Baca juga: Pemkot Jaksel sidak bahan pangan di sejumlah pasar jelang Natal

Baca juga: Gereja Katedral Jakarta imbau jemaat tak bawa tas ransel

Baca juga: Misa Natal Gereja Katedral Jakarta digelar dalam beberapa sesi

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © Polri.co.id 2022

Leave a Comment