Pemkot Jaksel sidak bahan pangan di sejumlah pasar jelang Natal

hingga kini secara kumulatif di DKI Jakarta semua bahan pangan masih terbilang higienis dan halal untuk dikonsumsi sehingga masyarakat tak perlu khawatir

Jakarta Polri.co.id – Pemerintah Kota Jakarta Selatan (Pemkot Jaksel) melakukan inspeksi mendadak (sidak) bahan pangan yang dijual di pasar tradisional dan pasar modern (swalayan) menjelang Natal dan tahun baru untuk memastikan produk makanan dan minuman yang diperdagangkan aman untuk dikonsumsi.

“Kami mengawasi bahan pangan mulai dari harga hingga keamanannya agar benar-benar terjaga menjelang Natal dan tahun baru,” kata Wali Kota Jakarta Selatan Munjirin saat ditemui di pasar swalayan ITC Fatmawati, Jakarta Selatan, Jumat.

Munjirin menyebutkan pihaknya mendatangi sejumlah produk bahan pangan seperti pertanian, perikanan, dan produk peternakan yang diambil sampelnya.

Nantinya produk berupa bahan baku maupun makanan olahan akan diuji laboratorium oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) DKI Jakarta dengan menunggu beberapa hari untuk mengetahui hasilnya.

Munjirin menambahkan hingga kini secara kumulatif di DKI Jakarta semua bahan pangan masih terbilang higienis dan halal untuk dikonsumsi sehingga masyarakat tak perlu khawatir.

Kendati demikian, Munjirin tak menampik kenaikan harga pangan dialami oleh beberapa produk lantaran kebutuhan yang meninggi menjelang perayaan Natal dan tahun baru.

“Kenaikan harga beras kurang lebih 30 persen, kemudian cabai merah keriting dan daging ayam tapi kenaikan ini stoknya masih kita atur dengan baik,” tutupnya.

Kepala Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian Jakarta Selatan Hasudungan Sidabalok yang turut hadir menambahkan pihaknya telah dilakukan pengawasan di 22 pasar tradisional dan enam pasar swalayan selama 2022.

“Frekuensi pengawasan dilaksanakan sebanyak tiga kali di setiap pasar, dengan jumlah total sampel yang didapat sebanyak 3.868 sampel dari produk pangan hasil pertanian perikanan dan peternakan,” jelas Hasudungan.

Kegiatan pengawasan pada Jumat ini melibatkan Dinas KPKP Provinsi DKI Jakarta, BPOM Provinsi DKI Jakarta dan Suku Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Kota Administrasi Jakarta Selatan.

Baca juga: Gereja Katedral Jakarta imbau jemaat tak bawa tas ransel

Baca juga: Pemkot Jaksel buka posko kesehatan di gereja saat Natal

Baca juga: Polda Metro lakukan sterilisasi gereja jelang perayaan Natal

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © Polri.co.id 2022

Leave a Comment