Pemkot Jaksel perbaiki ribuan titik jalan rusak selama 2022

Jakarta Polri.co.id – Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Selatan memperbaiki ribuan titik jalan rusak seperti berlubang, bergelombang hingga retak selama Januari hingga Desember 2022.

“Kami telah menangani sebanyak 9.925 titik jalan selama tahun 2022,” kata Kepala Suku Dinas (Sudin) Bina Marga Jakarta Selatan Heru Suwondo di Jakarta, Selasa.

Heru menyebutkan, perbaikan jalan berada di 10 kecamatan wilayah ini memiliki total luas 51.460 meter persegi (m2). Perbaikan jalan

tersebut meliputi menutup lubang dengan campuran aspal dingin (coldmix) dan campuran aspal panas (hotmix).

Menurut Heru, ada beragam faktor penyebab kerusakan jalan seperti adanya perubahan suhu, cuaca, temperatur udara, material konstruksi perkerasan serta kondisi tanah dasar yang tidak stabil.

Selain itu proses pemadatan di atas lapisan tanah dasar yang kurang baik serta muatan kendaraan-kendaraan berat (tonase) yang melebihi kapasitas.

Baca juga: Bina Marga Jaksel perbaiki Jalan di bawah Stasiun MRT Haji Nawi

Baca juga: Sudin Bina Marga Jaksel perbaiki trotoar yang rusak di Kemang Utara

Karena itu, kata dia, perlu adanya perbaikan kerusakan jalan untuk menjaga keamanan bagi pengguna jalan terutama pengendara sepeda motor, karena dapat mengakibatkan kecelakaan lalu lintas.

Sudin Bina Marga Jakarta Selatan (Jaksel) secara rutin melakukan perawatan jalan berkala seusai diperbaiki untuk menciptakan keamanan dan kenyamanan para pengguna jalan.

Selain itu, pihaknya juga memantau lapangan dan siap menerima laporan masyarakat yang disampaikan kepada satuan tugas (satgas) ataupun suku dinas.

Suku Dinas Bina Marga Jaksel juga mengimbau kepada masyarakat untuk berinisiatif dalam menjaga fasilitas yang diberikan pemerintah demi kenyamanan bersama.

“Jika ada jalan rusak yang belum tertangani dengan cepat, warga bisa menimbun jalan sementara dengan pasir atau tanah serta bisa langsung menghubungi kami,” katanya.

​​​​​​​

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2023

Leave a Comment