Pemkot Jaksel perbaiki ratusan titik jembatan selama 2022

sebanyak 222 titik di Jakarta Selatan

Jakarta Polri.co.id – Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Selatan (Pemkot Jaksel) memperbaiki ratusan titik jembatan selama 2022 di daerah itu untuk memperbaiki sarana dan prasarana bagi masyarakat.

“Selama 2022, kami telah melakukan perbaikan jembatan sebanyak 222 titik di Jakarta Selatan,” kata Kepala Suku Dinas Bina Marga Jakarta Selatan Heru Suwondo, di Jakarta, Selasa.

Heru mengatakan 222 titik jembatan yang diperbaiki tersebut memiliki total luas dari enam kecamatan Jakarta Selatan itu sebesar 1.186,48 meter persegi (m2).

Dia menambahkan, rincian enam kecamatan tersebut yakni Pesanggrahan, Tebet, Pasar Minggu, Pancoran, Mampang Prapatan dan Setiabudi.

Baca juga: Pemkot Jakut bangun jembatan di Pasar Ular menyerupai kapal layar

Perbaikan jembatan ini meliputi beragam cara mulai dari sandaran (railing), lonengan, hingga cetakan (bekisting) pada sarana penyambung jalan tersebut.

Selain itu, Suku Dinas Bina Marga Kota Administrasi Jakarta Selatan (Sudin Bina Marga Jaksel) telah membangun sembilan jembatan antar kampung (JAK) di tiap wilayah selama 2022.

“Selain untuk memperindah kawasan juga sebagai spot foto bagi warga, apalagi setiap jembatan itu berbeda konsepnya dengan yang lain,” ujar Heru.

Heru menyebutkan salah satu jembatan antar kampung yang memiliki konsep menarik yakni jembatan di Hj Terin yang memiliki jalur khusus pejalan kaki serta ditambahkan pembatas jembatan.

Baca juga: Bina Marga Jakut pasang beton pembatas di jembatan Marunda yang ambles

“Kita juga buatkan jalur pejalan kaki, karena bahaya kalau pejalan kaki dengan kendaraan melewati jembatan di waktu yang sama,” katanya.

Sembilan jembatan itu yakni JAK Pancoran Barat XIJ, JAK NIS, JAK GG H Azrai, JAK Trijaya, JAK Pondok Labu, JAK Kamboja, JAK Pondok Karya E1, Pondok Karya E2 dan JAK Hj Terin.

Pembangunan dan perbaikan jembatan itu untuk memperindah kawasan serta memudahkan mobilitas warga pengguna jalan khususnya kendaraan roda dua maupun empat.

Heru belum bersedia merinci nilai anggaran untuk perbaikan di ratusan titik jembatan dan  pembangunan sembilan JAK, termasuk sumbernya. 

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © ANTARA 2023

Leave a Comment