Pemkot Jaksel pangkas ribuan pohon antisipasi tumbang sepanjang 2022

Agustus menjadi bulan yang paling banyak pohon kami pangkas yakni 2.911 pohon

Jakarta Polri.co.id – Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Selatan  memangkas ribuan pohon untuk mengantisipasi tumbang sepanjang 2022 dalam rangka menjaga dan mengamankan keselamatan warga yang melintas.

“Kami telah memangkas total sebanyak 26.977 pohon selama 2022,” kata Kepala Suku Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Kota Administrasi Jakarta Selatan Elly Sugestianingsih saat dihubungi, di Jakarta, Kamis.

Elly merinci pemangkasan puluhan ribu pohon ini terdiri dari 5.002 pemangkasan ringan (perapihan), 15.562 pemangkasan sedang (banyak cabang dipotong), dan 4.643 pemangkasan berat (memotong ketinggian).

Selain itu, tercatat pula 788 pohon yang tumbang dan 982 pohon yang sudah ditebang oleh Suku Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Kota Administrasi Jakarta Selatan selama 2022.

Menurut Elly, tujuan pemangkasan ini sebagai antisipasi pohon tumbang saat curah hujan tinggi sehingga tidak mengganggu pengguna jalan seperti menimbulkan kemacetan, merusak rumah warga, hingga menyebabkan korban jiwa.

“Agustus menjadi bulan yang paling banyak pohon kami pangkas yakni 2.911 pohon,” tuturnya.

Elly menyebutkan pemangkasan pohon ini dilakukan karena ada berbagai faktor yang menyebabkan pohon tumbang seperti faktor cuaca, pelapukan batang dan akar pohon, serta adanya galian saluran yang memotong akar pohon.

Maka dari itu, pihaknya mengimbau kepada warga untuk tidak merusak pohon dengan cara memaku, membakar, hingga aktif melaporkan jika ada pohon di jalan yang mengganggu kenyamanan.

“Warga bisa melaporkan jika adanya pohon keropos, sudah rimbun, mati, ataupun yang terbakar atau ada pembakaran,” tuturnya.

Dengan demikian, Suku Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Kota Administrasi Jakarta Selatan terus memonitor dan mendengar laporan warga agar lingkungan bisa tercipta bersih, aman, dan nyaman bagi seluruh lapisan masyarakat.

Sebelumnya, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta, Isnawa Adji mengatakan tercatat telah terjadi 642 peristiwa kebakaran, 127 banjir, 642 pohon tumbang, 197 jalan tergenang, 13 angin kencang, 14 tanah longsor dan dua kejadian gempa bumi yang getarannya terasa sampai ke Jakarta selama 2022.

Baca juga: Pemkot Jakbar gencarkan penanaman 10 pohon per hari di tiap kelurahan

Baca juga: Polisi bantu warga tanam bibit pohon alpukat Cipedak di Jaksel

Baca juga: Pemkot Jaktim tanam 100 pohon di Jalan DI Panjaitan

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2023

Leave a Comment