Pemkot Jakpus targetkan tanam 10.700 pohon pada awal tahun 2023

pohon yang akan ditanam yakni pohon ikonik dan produktif

Jakarta Polri.co.id – Pemerintah Kota Jakarta Pusat menargetkan untuk menanam  10.700 pohon pada awal tahun 2023 sebagai tindak lanjut program penanaman satu juta pohon yang dicanangkan Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan (Asekbang) Sekretariat Kota Jakarta Pusat Bakwan Ferizan Ginting mengatakan penanaman pohon pada awal 2023 akan dilakukan di setiap kecamatan, kelurahan, sekolah, tempat ibadah, dan puskesmas.

“Pihak distributor nanti akan memberikan pohon untuk ditanam sebanyak 10.000 pohon Mahoni dan 200 pohon Kelapa Hibrida yang diambil dari rumah bibit,” kata Bakwan Ferizan Ginting di Jakarta, Selasa.

Ginting mengungkapkan Suku Dinas Kelautan, Pertanian dan Ketahanan Pangan (KPKP) juga akan menanam sebanyak 500 pohon di wilayah Jakarta Pusat.

“Selain itu, terdapat tambahan pohon produktif dari Sudin KPKP sebanyak 500 pohon. Jadi total semua ada 10.700 pohon yang akan ditanam,” ujarnya.

Ginting juga mengatakan pohon yang akan ditanam yakni pohon ikonik dan produktif di tiap kantor kelurahan dan kecamatan.

“Pohon juga akan ditanam di tempat lain seperti, sekolah, tempat ibadah, dan puskesmas,” ucapnya.

Ginting menuturkan pada awal tahun ini akan terus meningkatkan penanaman pohon bersinergi terkait dalam mendukung program dan sebagai tindak lanjut program penanaman satu juta pohon yang dicanangkan Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono.

Ia melanjutkan dalam penanaman pohon tersebut untuk pupuk (kompos) akan dipasok dari Suku Dinas Lingkungan Hidup sedangkan untuk pemantauan dari Suku Dinas Pertanaman Hutan Kota.

“Sedangkan perawatan pohon setelah ditanam merupakan hasil sinergi semua unsur untuk menumbuhkan pohon yang kelak akan menjadi besar, serta menghijaukan Jakarta,” ungkapnya.

Ia juga mengungkapkan bahwa di wilayah Jakarta Pusat sudah ditanam 3.500 ribu lebih pohon.

“Di Jakarta Pusat sudah ditanam 3.500 ribu lebih pohon dan masih terus diinventarisasi lagi,” imbuhnya.

Baca juga: Pemkot Jakbar gencarkan gerakan tanam 10 pohon di tiap kelurahan

Baca juga: Pemkot Jakbar tanam 24.870 pohon dalam waktu tiga bulan terakhir

Baca juga: Pemprov DKI Jakarta tanam ribuan pohon di kolong Tol Becakayu


Pewarta: Ulfa Jainita
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2023

Leave a Comment