Pemkot Jakbar persiapkan PJLP untuk kembangkan UMKM kecamatan

Kita ada 66 PJLP pendamping

Jakarta Polri.co.id – Pemerintah Kota Jakarta Barat (Pemkot Jakbar) mempersiapkan para penyedia jasa layanan perorangan (PJLP) sebagai pendamping wirausaha untuk mengembangkan pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di setiap kecamatan.

“Kita ada 66 PJLP pendamping yang kita berikan arahan untuk mendampingi teman-teman Jakpreneur di kecamatan,” kata Kepala Suku Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (PPKUMKM) Jakarta Barat, Iqbal Idham Ramid, saat ditemui di Jakarta Barat, Selasa.

Iqbal mengatakan, PJLP pendampingan wirausaha itu bertugas membantu para pengusaha dalam bidang promosi hingga penyaluran ke bank untuk mendapatkan modal usaha.

Selain itu, ke 66 PJLP ini juga bertugas membimbing wirausahawan mendapatkan sertifikat usaha hingga label hak atas kekayaan intelektual (HAKI).

Baca juga: Parekraf Jaksel meriahkan tahun baru dengan acara seni dan bazar UMKM

Sebelum bertugas, ke- 66 PJLP telah diseleksi oleh pihak Sudin.

Mereka yang terpilih harus memiliki usaha terlebih dahulu.

Setelah terpilih, mereka akan diikutsertakan dalam sertifikasi profesi di bidang pembinaan usaha.

“Dengan sertifikasi itu, para PJLP dianggap mampu untuk membantu mengembangkan usaha para Jakpreneuer di wilayah,” kata dia.

Baca juga: Aktivis sarankan Pemprov DKI optimalkan eks PJLP jadi pelaku UMKM

Hingga saat ini, tercatat ada 40.000 wirausaha yang dibina dalam program Jakpreneuer di wilayah Jakarta Barat.

Dengan keberadaan para PJLP itu, diharapkan usaha para pelaku Jakpreneuer dapat berkembang sehingga perekonomian di wilayah Jakarta Barat meningkat.

 

Pewarta: Walda Marison
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © ANTARA 2023

Leave a Comment