Pemkot Jakbar perbaiki 12.293 titik jalan rusak sepanjang 2022

Ribuan titik jalan yang rusak itu ditangani berdasarkan laporan warga yang masuk melalui aplikasi Cepat Respon Masyarakat (CRM) dan beberapa aplikasi lain seperti Jaki

Jakarta Polri.co.id – Pemerintah Kota Jakarta Barat berhasil memperbaiki 12.293 titik jalan rusak yang meliputi jalan warga hingga jalan besar sepanjang 2022 berdasarkan pengaduan warga.

“Total ada 12.293 titik jalan rusak. Jika ditotal ukuran luas jalan yang diperbaiki yakni 56.090,79 meter persegi,” kata Kepala Seksi Jalan, Jembatan, dan Kelengkapan Jalan Suku Dinas Bina Marga Jakarta Barat Benny Situmorang saat dihubungi di Jakarta, Selasa.

Ribuan titik jalan yang rusak itu ditangani berdasarkan laporan warga yang masuk melalui aplikasi Cepat Respon Masyarakat (CRM) dan beberapa aplikasi lain seperti Jaki.

Perbaikan dilakukan melalui petugas di lapangan bersifat sementara seperti penutupan lubang menggunakan aspal hingga memperbaiki trotoar yang rusak.

Dari data yang diberikan Benny, Februari 2022 menjadi bulan dengan laporan permintaan perbaikan jalan terbanyak yakni sebanyak  1.489 titik.

Diduga hal tersebut lantaran  DKI Jakarta baru saja melawati musim hujan yang tinggi sehingga beberapa jalanan mengalami kerusakan.

Sedangkan untuk bulan dengan jumlah permintaan perbaikan terendah terjadi pada Mei yakni hanya sebanyak 494 titik.

Benny mengapresiasi kepedulian masyarakat yang secara aktif  menggunakan aplikasi guna melaporkan jalan-jalan yang  rusak. Karena dari  laporan itu, proses perbaikan jalan di beberapa wilayah bisa  maksimal.

Maka dari itu, pihaknya memastikan akan terus menindaklanjuti setiap laporan jalan rusak di seluruh wilayah.

Secepat mungkin, petugas Sudin Bina Marga di kelurahan, kecamatan hingga tingkat kota akan terjun ke lapangan guna memperbaiki jalan tersebut.

Tidak hanya fokus menindaklanjuti laporan warga, pihaknya juga masih fokus melakukan penataan kawasan di beberapa kelurahan.

Dia berharap dengan adanya program penataan kawasan dan perbaikan jalan tersebut warga dapat menikmati fasilitas publik dengan lebih baik.

Baca juga: Pemkot Jaksel perbaiki ribuan titik jalan rusak selama 2022

Baca juga: Dinas Bina Marga lakukan perbaikan di Jalan DI Panjaitan

Baca juga: Jakarta Selatan perbaiki ratusan jalan berlubang

 

Pewarta: Walda Marison
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2023

Leave a Comment