Pemkot Jakbar memvaksinasi rabies 7.970 hewan pada 2022

Jakarta Polri.co.id – Pemerintah Kota Jakarta Barat melalui Suku Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian (KPKP) setempat telah memvaksin rabies 7.970 hewan selama 2022.

Ribuan binatang tersebut divaksin agar tidak menularkan penyakitnya rabies kepada warga. “Sudah 7.970 hewan kita vaksin untuk mencegah penyebaran rabies,” kata Kepala Suku Dinas KPKP Jakarta Barat, Novy Palit di Jakarta, Rabu.

Dari data yang diberikan Novy, tercatat kucing menjadi binatang terbanyak yang mendapat vaksinasi rabies. Kucing yang disuntik terdiri dari kucing peliharaan dan jalanan.

Tercatat ada 6.103 ekor kucing yang telah divaksin di wilayah Jakarta Barat. Di urutan kedua ada anjing sebanyak 1.860 ekor, musang 34 ekor dan kera 33 ekor.

Baca juga: Pemkot Jakbar vaksinasi anti rabies 7.132 hewan peliharaan

Baca juga: Jakbar targetkan 7.500 hewan peliharaan divaksin rabies tahun 2022

Tidak hanya itu, pihaknya juga mencatat jumlah kucing yang sudah disterilisasi selama 2022 sebanyak 583 ekor. Hal tersebut dilakukan untuk menekan populasi kucing liar.

Novy mengatakan, angka tersebut mencerminkan tingginya antusiasme warga dalam mengikutsertakan binatang peliharaannya dalam program vaksin dan sterilisasi.

Karena itu, pihaknya di tahun 2023 akan lebih menggencarkan program vaksin di wilayah Jakarta Barat. Vaksinasi dilakukan secara rutin setiap bulan di setiap kecamatan.

Jadwal setiap kegiatan vaksinasi akan diunggah di akun Instagram resmi milik Sudin KPKP, yakni @sudin_kpkpjb.

Dengan upaya tersebut, dia berharap wilayah Jakarta Barat (Jakbar) memiliki binatang sehat dan terbebas dari penyakit rabies.

 

Pewarta: Walda Marison
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2023

Leave a Comment