Pemkot Jakbar latih 500 wirausahawan pada 2023

Kita mulai bertahap, setiap tahapnya bisa sampai 50 atau 100 orang

Jakarta Polri.co.id – Pemerintah Kota Jakarta Barat melalui Suku Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Sudin Nakertrans) dan Energi membuka pelatihan wirausaha kue, minuman ringan hingga kerajinan tangan untuk 500 wirausahawan setempat pada 2023.

“Kita buka pelatihan wirausaha untuk menumbuhkan wirausahawan-wirausahawan baru di bidang kuliner dan kerajinan tangan,” kata Kepala Seksi Pelatihan, Penempatan, Produktivitas, dan Transmigrasi Sudin Nakertrans dan Energi Jakbar, Yasil Farabi di Jakarta, Senin.

Yasil menjelaskan, 500 peserta itu terdiri dari 300 orang untuk pelatihan membuat kue, 200 orang untuk minuman kekinian dan sisanya dilatih untuk membuat kerajinan tangan.

Bagi warga yang mau mendaftar, kata Yasil, bisa langsung mendatangi gedung Suku Dinas Nakertrans dan Energi di Kantor Wali Kota Jakarta Barat. Warga juga bisa mendatangi petugas Sudin Nakertrans dan Energi di setiap kecamatan yang ada di wilayah tersebut.

Petugas akan menyeleksi warga yang layak untuk mendapatkan ragam pelatihan tersebut.

Setelah proses seleksi, pihaknya baru akan memulai latihan di pertengahan tahun ini. “Kita mulai bertahap, setiap tahapnya bisa sampai 50 atau 100 orang,” kata dia.

Selama pelatihan berlangsung, pihaknya tidak hanya memberikan materi saja melainkan bantuan peralatan, bantuan pengemasan bahan, promosi hingga mendapatkan modal usaha.

“Kita akan bantu salurkan ke bank yang ingin memberikan modal usaha,” kata dia.

Dia berharap, upaya ini dapat membantu warga mendapatkan penghasilan hingga membuka lapangan pekerjaan untuk orang lain.

Baca juga: Jakarta Barat siapkan dua jalur pendaftaran pelatihan kerja

 

Pewarta: Walda Marison
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2023

Leave a Comment