Pemkot Jakbar gencarkan gerakan tanam 10 pohon di tiap kelurahan

bertujuan untuk memperbanyak titik resapan air meningkatkan upaya penghijauan lingkungan sebagai daya dukung paru-paru kota Jakarta

Jakarta Polri.co.id – Pemerintah Kota Jakarta Barat menggencarkan gerakan menanam 10 pohon di setiap kelurahan selama musim hujan tahun 2023 sebagai wujud dukungan program Penjabat (Pj) Gubernur, Heru Budi Hartono menanam satu juta pohon di DKI Jakarta.

“Kita laksanakan sejak 27 Desember dan direncanakan berakhir pada Februari 2023,” kata Sekretaris Kota Jakarta Barat, Iin Mutmainah di  Serengseng, Kembangan, Jakarta Barat, Selasa.

Iin menjelaskan program Nampo Bumi ( Menanam Pohon Ke Bumi ) ini bertujuan untuk memperbanyak titik resapan air meningkatkan upaya penghijauan lingkungan sebagai daya dukung paru-paru kota Jakarta.

Sejak program dicanangkan, Iin menilai Walikota Jakarta Barat secara serius telah melaksanakan dengan menggerakkan seluruh jajaran terdiri dari kelurahan, kecamatan hingga dinas terkait seperti Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) dan Sudin Pertamanan Hutan Kota untuk secara konsisten menanam 10 pohon setiap hari.

Alhasil, setiap hari di Jakarta Barat bisa menanam 560 pohon per hari sejak 27 Desember 2022 lalu.

Pohon yang ditanam terdiri dari dua jenis yakni pelindung dan produktif. Dia pun mencontohkan 11 pohon produktif yang ditanam Suku Dinas KPKP Jakarta Barat di kantor sekretariat RW 12, kelurahan Serengseng, hari ini.

“Yang ditanam hari ini meliputi lima pohon  jambu Jamaika, tiga pohon mangga, dan tiga pohon bisbul (diospyros philippensis) setinggi 1 sampai dengan 1,5 meter ” jelas dia.

Nantinya, pohon- pohon tersebut akan dirawat petugas dan warga sekitar. Buah dari pepohonan produktif itu pun bisa dinikmati oleh warga.

Untuk diketahui, total pohon sudah ditanam pihak Pemkot Jakarta Barat saat ini sebanyak 24.870. Data terakhir tersebut tercatat sejak program penanaman pohon bergulir yakni pada 27 Desember 2022 hingga 5 Januari 2023.

Baca juga: Pemkot Jakbar tanam 24.870 pohon dalam waktu tiga bulan terakhir

Baca juga: Pemprov DKI Jakarta tanam ribuan pohon di kolong Tol Becakayu

Baca juga: Pemkot Jakbar gencarkan penanaman 10 pohon per hari di tiap kelurahan

Pewarta: Walda Marison
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2023

Leave a Comment